Tim Nasional | Detail

Heboh Tagar Haruna Out, Ternyata PSSI Punya Mekanisme Khusus Nonaktifkan Anggota Exco

Basudiwa Supraja
Selasa, 18 Januari 2022, 10:15 WIB
Heboh Tagar <i>Haruna Out</i>, Ternyata PSSI Punya Mekanisme Khusus Nonaktifkan Anggota Exco
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, mengapit Haruna Soemitro dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: Dok. Pribadi Mochamad Iriawan)

JAKARTA - Kehebohan sempat terjadi kala anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, melontarkan kritik pedas terhadap pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Masyarakat Tanah Air yang tidak senang dengan sikap sang anggota Exco PSSI itu pun lantas menggemakan tagar Haruna Out di media sosial.

Banyak warganet menuntut agar Haruna dikeluarkan dari keanggotaan Exco PSSI karena dinilai sosok sepertinya adalah yang menghambat perkembangan sepak bola Tanah Air. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menonaktifkan anggota Exco PSSI?

Untuk membuat Haruna dari keanggotaan Exco PSSI tidaklah segampang yang dianggap publik. Pasalnya, anggota Exco terpilih melalui perolehan suara dalam kongres PSSI.

Adapun pemberhentian untuk anggota Exco sendiri mempunyai rentetan alur yang panjang. Itu tertuang dalam Statuta PSSI Pasal 25.

Masyarakat yang ingin menuntut pemecatan anggota Exco PSSI harus terdiri dari 34 Asprov PSSI, para klub Liga 1, perwakilan Liga 2 dan Liga 3, satu asosisasi Futsal dan satu wakil dari sepak bola wanita.

Para penuntut pun harus memiliki alasan yang jelas terhadap pengajuan mereka itu. Dalam hal ini yang tertuntut boleh membela diri di Kongres PSSI.

“Anggota di dalam Badan yang akan diberhentikan tersebut, mempunyai hak untuk menjawab atau melakukan pembelaan dihadapan Komite Eksekutif atau Kongres PSSI,” bunyi ayat 4 Pasal 25 Statua PSSI.

Usulan tersebut pun akan diterima jika telah mencapai 2/3 suara setuju. Artinya keputusan tidak akan diterima jika kurang dari persetujuan tersebut.

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1289 seconds [13]