Liga Indonesia | Detail

Heboh! Langkahi Liga 1, Liga 3 Jawa Barat Terapkan VAR Kearifan Lokal

Basudiwa Supraja
Rabu, 19 Januari 2022, 14:10 WIB
Heboh! Langkahi Liga 1, Liga 3 Jawa Barat Terapkan VAR Kearifan Lokal
Pertandingan Liga 3 antara Persikabbar vs Bandung Barat United menerapkan teknologi menyerupai Video Assistant Referee (VAR). (Foto: Twitter @Faktasepakbola)

BANDUNG - Langkah unik diterapkan Liga 3 regional Jawa Barat. Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan pertandingan Liga 3 antara Persikabbar vs Bandung Barat United telah menerapkan teknologi menyerupai Video Assistant Referee (VAR). 

Laga tersebut digelar pada Senin (17/1/2022).Pada video tersebut menunjukkan sebuah momen wasit yang hendak menentukan keputusan melalui bantuan VAR ala Liga 3.

VAR tersebut terpasang di lorong di bawah tangga salah satu tribune stadion. Uniknya VAR tersebut hanya bermodalkan sebuah layar televisi LCD sederhana yang tersambung dengan kamera stadion.

Momen ini pun menjadi bahan perbincangan hangat warganet. Mereka menilai ini merupakan VAR Liga 1 yang sangat dekat dengan kearifan lokal.

Penggunaan VAR seadanya di Liga 3  Seri 2 regional Jawa Barat antara Persikabbar vs Bandung Barat United, Senin (17/1/2022), ramai diperbincangkan di media sosial. (Foto: Twitter @FaktaSepakbola)
Penggunaan VAR seadanya di Liga 3 Seri 2 regional Jawa Barat antara Persikabbar vs Bandung Barat United, Senin (17/1/2022), ramai diperbincangkan di media sosial. (Foto: Twitter @FaktaSepakbola)

“VAR dengan kearifan lokal,” tulis akun bernama @skrrrrrrt___ dalam salah satu kolom komentar Twitter pada Selasa (18/1/2022).

Sejatinya, untuk penggunaan VAR yang sebenarnya membutuhkan sejumlah aturan yang tidak sembarangan. Penggunaan teknologi tersebut juga harus memenuhi standar FIFA.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1437 seconds [13]