Tim Nasional | Detail

Hasil Piala Afrika 2021: Sadio Mane Selamatkan Muka Senegal atas Zimbabwe

Tino Satrio
Selasa, 11 Januari 2022, 00:20 WIB
Hasil Piala Afrika 2021: Sadio Mane Selamatkan Muka Senegal atas Zimbabwe
Senegal vs Zimbabwe Piala Afrika 2021 (Foto: Twitter AFCON)

BAFOUSSAM - Senegal harus bersusah payah untuk mengalahkan Zimbabwe dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan babak penyisihan Grup B Piala Afrika 2021, Senin (10/1/2022) malam WIB. Bintang Liverpool Sadio Mane menjadi pahlawan Senegal dalam laga tersebut. Sejatinya, Senegal mengalami kebuntuan sejak menit pertama. Sederet peluang yang didapatkan tak mampu untuk mengubah skor hingga laga berjalan 90 menit. Beruntung, Senegal mendapat hadiah penalti yang dimanfaatkan dengan baik oleh Mane pada menit ke-90+7.

Jalannya Pertandingan

Senegal tampil apik sepanjang babak pertama. Mereka yang dibantu bintang Liverpool, Sadio Mane sukses mendominasi sejak awal pertandingan. Namun, serangan yang dibangun tampak kurang efektif. Penyelesaian akhir mereka terbilang buruk lantaran kerap kali menyian-yiakan peluang sejak awal babak pertama.

Sebab dari itulah skor kaca mata tetap terjaga hingga jeda turun mninum. Sane belum mampu membawa rekan-rekannya memecah kebuntuan di paruh babak. Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan terlihat tak berubah. Senegal masih mampu mendominasi untuk terus memberikan Zimbabwe tekanan.

Namun kreativitas lini serang Senegal tak begitu baik. Mereka sering kali kebingungan untuk memanfaatkan peluang yang sudah ada di depan mata.Menariknya, Zimbabwe yang bermain di bawah tekanan memiliki banyak peluang dibanding Senegal. Terpantau hingga menit ke-80', mereka memiliki 12 peluang dan tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Di sisi lain, Senegal hanya memiliki 10 peluang. Dan hanya dua yang mampu menjadi tembakan on target. Namun, mereka tetap berusaha dalam sisa waktu yang dimiliki. Senegal pun sejatinya sudah menemukan celah untuk memecah kebuntuan. Dominasi laga yang dipegang, hingga akurasi umpan yang dimiliki bisa merepotkan sang lawan meski masih dalam kebuntuan.

Sayangnya, lagi-lagi kreatifitas dan penyelesaian akhir yang mereka miliki belum mumpuni untuk membuat sebuah gol. Namun cerita berbeda lantaran terjadi kejutan saat memasuki injury time.

Pertandingan yang hampir berakhr imbang itu secara mendadak berubah. Dengan drama tambahan waktu sekitar sembilan menit, Senegal mendapatkan hadiah penalti. Sadio Mane pun sukses menjadi algojo dan membawa kemenangan bagi Senegal pada menit ke-90+7'.

Susunan Pemain

Senegal (4-3-3): Dieng; Ballo-Toure, Diallo, Cisse, Mbaye; Gueye, Kouyate, Sarr; Balde (Habib Diallo , Mane, Dia (Pape Gueye 77')

Zimbabwe (4-1-4-1): Mhari; Chimwemwe, Takwara, Hadebe, Bhasera; Madzongwe; Wadi, Musona (Tigere 88'), Benyu (Kamusoko 71'), Kangwa; Dube (Kadewere 46')

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1101 seconds [13]