Tim Nasional | Detail

Hasil Piala Afrika 2021: Maroko Menang Susah Payah Atas Ghana

Tino Satrio
Selasa, 11 Januari 2022, 01:04 WIB
Hasil Piala Afrika 2021: Maroko Menang Susah Payah Atas Ghana
Maroko vs Ghana di Piala Afrika 2021 (Foto: Twitter AFCON)

YAOUNDE - Maroko harus susah payah meraih kemenangan 1-0 atas Ghana di babak penyisihan Grup C Piala Afrika 2021, Senin (11/1/2022). Gol telat dari  Sofiane Boufal menyelamatkan muka Achraf Hakimi dan kawan-kawan.

Jalannya Pertandingan

Sebagai tim yang diunggulkan, Maroko tampil percaya diri sejak awal babak pertama. Mereka mampu mendominasi jalannya duel lewat penguasaan bola yang dominan. Namun serangan yang dibangun kurang efektif. Tim yang diperkuat Achraf Hakimi itu terlalu mudah kehilangan bola saat melancarkan skema serangan.

Sederet peluang pun sejatinya didapat pada babak pertama. Setidaknya mereka mencatat enam tembakan untuk mengancam gawang Ghana. Namun sayang, hanya dua yang tepat ke arah gawang. Meski menguasai 63 persen penguasaan bola, Maroko tak begitu terlihat dalam hal kreativitas di lini tengah. Peluang yang didapat pun cukup minim untuk bisa memecah kebuntuan.

Dengan begitu, skor kaca mata pun tetap terjaga hingga jeda turun minum. Ghana juga tak mampu mengembangkan permainan lantaran terus bermain di bawah tekanan hingga mengakhiri paruh babak. Memasuki babak kedua, Maroko tetap mendominasi jalannya laga. Penguasaan bola yang dipegang sejak paruh pertama tak mereka biarkan hilang ke kubu Ghana.

Permainan mereka pun berkembang usai jeda turun minum. Intensitas dan tempo pertandingan berhasil ditingkatkan untuk mencuri sebuah gol lebih dulu. Namun, kebuntuan baru terpecah pada menit ke-83'. Sofiane Boufal berhasil membawa rekan-rekannya unggul dengan skor 1-0 lewat gol telatnya.

Di sisi lain, Ghana tak tinggal diam. Milovan Rajevac melakukan banyak rotasi untuk membuat pembeda pada sisa waktu yang ada. Namun, upaya tersebut masih gagal. Vahid Halilhodzcic selaku pelatih Maroko juga melakukan hal serupa. Dirinya membuat penyegaran di lini tengah yang membuat keunggulan tetap terjaga hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan Pemain

Maroko (4-1-4-1): Bono; Adam Masina, Nayef Aguerd, Romain Saiss, Achraf Hakimi; Samy Mmaee; Sofiane Boufal, Imran Louza (Tissoudali 78'), Selim Amallah, Azeddine Ounahi (Amrabat 90'); Zakaria Aboukhlal (Rahimi 90')

Pelatih: Vahid Halilhodzic

Ghana (4-2-3-1): Joseph Wollacott; Andy Yiadom, Daniel Amartey, Alexander Djiku, Abdul Baba; Thomas Partey, Iddrisu Baba; Joseph Paintsil (Fatawu 86'), Andre Ayew, Kamaldeen Sulemana (Kyereh 86'); Jordan Ayew (Tetteh 87')

Pelatih: Milovan Rajevac
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1193 seconds [13]