Sportainment | Detail

Hasil Penjualan Jersey Cristiano Ronaldo Sentuh Rp3,68 Triliun, Nyaris 2 Kali Lipat Lionel Messi!

Hasyim Ashari
Minggu, 12 September 2021, 07:15 WIB
Hasil Penjualan Jersey Cristiano Ronaldo Sentuh Rp3,68 Triliun, Nyaris 2 Kali Lipat Lionel Messi!
Jersey anyar Manchester United dengan nama Cristiano Ronaldo sudah terpajang di toko resmi klub (Foto: Instagram/@weareunited)

HASIL penjualan jersey Cristiano Ronaldo kini telah menyentuh angka 187,1 juta poundsterling (setara Rp3,68 triliun). Angka tersebut hampir dua kali lipat total penjualan jersey Lionel Messi!

Penggemar sepak bola memang berbondong-bondong memburu jersey Manchester United dengan nama Cristiano Ronaldo dan nomor punggung 7. Menurut Love The Sales, Minggu (12/9/2021), hanya dalam hitungan sepekan, nilai total penjualan jersey CR7 menyentuh 187 juta poundsterling!

Sekadar perbandingan, hingga detik ini jersey Paris Saint-Germain (PSG) dengan nama Lionel Messi dan nomor punggung 30 sudah menghasilkan 103,8 juta poundsterling (setara Rp2,04 triliun). Hanya dalam waktu singkat, jersey Ronaldo menyalip penjualan seragam Messi yang telah memecahkan rekor. 

Tentu saja, sponsor apparel Man United, yakni Adidas, menangguk untung besar. Dari 187,1 juta poundsterling, mereka memberikan komisi sebesar 15% buat Man United. The Red Devils kebagian uang 13,1 juta poundsterling (setara Rp258 miliar). 

Sementara itu, sponsor apparel PSG yakni Nike juga meraup untung. Namun, PSG hanya mendapat porsi yang terhitung kecil dari penjualan jersey Messi, yakni 7,3 juta poundsterling (setara Rp144 miliar). 

Penggemar PSG menyerbu toko resmi klub untuk membeli jersey Lionel Messi dengan harga bervariasi mulai Rp1,94-2,79 juta (Foto: PSG)
Penggemar PSG menyerbu toko resmi klub untuk membeli jersey Lionel Messi dengan harga bervariasi mulai Rp1,94-2,79 juta (Foto: PSG)

Bagi Man United, hasil penjualan jersey Cristiano Ronaldo sudah menutupi biaya transfer sang pemain dari Juventus. The Red Devils menggaet CR7 dengan mahar 12,9 juta poundsterling (setara Rp254 miliar). 

Antusiasme penggemar sepak bola terhadap jersey Cristiano Ronaldo menjadi rekor tersendiri. Jersey tersebut mencatat rekor penjualan tercepat sekaligus total penjualan dalam sejarah Liga Inggris. 

Memang, penjualan jersey tidak akan terlalu berdampak secara signifikan terhadap kas klub. Namun, jumlah jersey yang terjual itu bisa menjadi senjata klub dalam negosiasi nilai kontrak dengan sponsor apparel. 

Man United sendiri punya kontrak fantastis dengan Adidas, yakni 75 juta poundsterling (setara Rp1,47 triliun) per tahun. Sementara itu, PSG punya kontrak 68 juta poundsterling (setara Rp1,34 triliun) per tahun dengan Nike. 
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1958 seconds [12]