MotoGP | Detail

Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021: Quartararo Juara Dunia, Bagnaia Kecelakaan

Andhika Khoirul Huda
Minggu, 24 Oktober 2021, 19:50 WIB
Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021: Quartararo Juara Dunia, Bagnaia Kecelakaan
Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, juara MotoGP 2021 (Reuters)

SAN MARINO - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, resmi menjadi juara dunia MotoGP 2021. Hal ini dipastikan setelah Quartararo finis keempat dalam gelaran MotoGP Emilia Romagna 2021, sedangkan pesaing terdekatnya yaitu Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) gagal finis.

Dalam balapan yang berlangsung di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (24/10/2021) malam WIB, Quartararo sebetulnya start ke-15, sedangkan Bagnaia menempati pole position. Akan tetapi, keajaiban terjadi karena Bagnaia mengalami kecelakaan.

Dengan demikian, saat ini Quartararo mengoleksi 267 poin. Pembalap berjuluk El Diablo itu unggul 65 poin dari Bagnaia yang menempati posisi kedua klasemen. Dengan hanya menyisakan duas seri lagi, mustahil bagi Bagnaia menyalip perolehan poin Quartararo.

Jalannya Balapan

Memulai dari pole position, Bagnaia, langsung tancap gas sejak balapan dimulai. Dia melaju cepat di depan dengan selisih 0,4 detik.

Sementara Quartararo naik dua tingkat pada awal balapan. Dia masuk ke urutan 13 setelah memulainya dari urutan 15.

Dua lap balapan berlangsung, sudah ada kecelakaan yang terjadi. Joan Mir dan Petrucci terlibat insiden yang menyebabkan keduanya terjatuh di tikungan. Tak lama kemudian, Jack Miller juga terlempar dengan kencang dari motornya dan membuat Marc Marquez naik ke urutan dua.

Saat balapan menyisakan 17 lap, Quartararo berhasil merangsek naik ke urutan sembilan. Dia menyalip Jorge Martin dan Johann Zarco yang ada di depannya.

Kemudian, Marquez yang ada persis di belakang Bagnaia di posisi dua terus memberikan tekanan. Dia tetap menjaga jarak sangat dekat dengan pembalap asal Italia itu.

Sementara di kelompok kedua terdepan, ada tujuh pembalap yang bersaing dari urutan tiga sampai sembilan. Mereka adalah Pol Espargaro, Marco Oliveira, Aleix Espargaro, Aleix Rins, Luca Marini, Johann Zarco dan Quartararo.

Sepuluh lap tersisa, Bagnaia masih belum bisa disalip oleh Marquez dan mereka terus memimpin di barisan terdepan. Di sisi lain, posisi Quartararo terus meningkat dan kini dia ada di urutan enam.

Kecelakaan menimpa Bagnaia saat balapan menyisakan lima lap. Hal itu membuat Marquez naik ke urutan pertama dan Quartararo masuk ke urutan tiga di belakang Pol.

Meski tersalip oleh Enea Bastianini di lap terakhir, Quartararo keluar sebagai juara MotoGP 2021. Sementara Marquez berhasil memenangkan balapan tersebut di depan Pol.

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2220 seconds [13]