F1 | Detail

Hasil Kualifikasi F1 GP Spanyol 2022: Charles Leclerc Raih Pole Position, Max Verstappen Mengekor

Andika Rachmansyah
Sabtu, 21 Mei 2022, 22:41 WIB
Hasil Kualifikasi F1 GP Spanyol 2022: Charles Leclerc Raih Pole Position, Max Verstappen Mengekor
Pembalap Ferrari, Charles Leclerc (Reuters)

BARCELONA - Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, merebut pole position setelah keluar sebagai yang tercepat pada sesi kualifikasi F1 GP Spanyol 2022. Pada sesi yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Sabtu (21/5/2022), malam WIB, Leclerc mencatatkan waktu 1 menit 18,750 detik dan dibuntuti oleh rivalnya, Max Verstappen di posisi kedua.

Jalannya Sesi Kualifikasi

Sesi Q1 berlangsung cukup ketat. Pasalnya, para pembalap tiga pabrikan papan atas yakni Scuderia Ferrari, Mercedes Amg-Petronas, dan Red Bull Racing saling unjuk gigi untuk keluar sebagai yang tercepat.

Duo pilot Scuderia Ferrari yakni Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr sukses mendominasi jalannya sesi Q1 ini. Duo pilot Red Bull Racing yakni Max Verstappen dan Sergio Perez serta pembalap Mercedes AMG-Petronas, Lewis Hamilton dan George Russell, harus mengakui ketangguhan mobil pabrikan tim berlogo kuda jingkrak itu.

Pasalnya, Leclerc keluar sebagai yang tercepat dengan waktu 1 menit 19,861. Sementara koleganya, Sainz, berada tepat di belakangnya dengan selisih waktu 0,031 detik saja.

Adapun lima pembalap yang harus tersingkir di Q1 adalah duo pembalap Aston Martin yakni Sebastian Vettel dan Lance Stroll, duo Williams Racing yaitu Alex Albon dan Nicholas Latifi. Kemudian satu nama lagi yaitu pembalap veteran asal Spanyol, Fernando Alonso (Alpine).

Masuk ke sesi Q2, persaingan ketat juga tersaji. Kali ini, Verstappen mencoba untuk mencetak waktu tercepatnya. Pembalap asal Belanda itu sempat memimpin dengan catatn waktu 1 menit 19,219 detik.

Namun dirinya terus disaingi oleh Russell, Hamilton, Leclerc, dan juga Sainz. Hingga pada akhirnya, Verstappen berhasil memperbaiki catatan waktunya dan keluar sebagai yang tercepat di Q2 dengan waktu 1 menit 19,073 detik.

Sementara itu, ada lima pembalap yang tidak bisa melanjutkan ke Q3. Lima pembalap itu adalah Lando Norris (McLaren), Esteban Ocon (Alpine), duo AlphaTauri yaitu Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda, serta Zhou Guanyu (Alfaromeo).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1360 seconds [12]