F1 | Detail

Hasil Kualifikasi F1 GP Rusia 2021: Lando Norris Rebut Pole Position

Muammar Yahya Herdana
Sabtu, 25 September 2021, 20:46 WIB
Hasil Kualifikasi F1 GP Rusia 2021: Lando Norris Rebut <i>Pole Position</i>
Pembalap McLaren F1 Team, Lando Norris, sukses merebut pole position pada F1 GP Rusia 2021 (Foto: Reuters/Anton Vaganov)

SOCHI - Lando Norris sukses merebut pole position pada Kualifikasi F1 GP Rusia 2021, Sabtu (25/9/2021) malam WIB, di Sirkuit Autodrom Sochi. Pembalap McLaren F1 Team itu mencetak waktu satu putaran tercepat 1 menit 47,238 detik. 

Jalannya Kualifikasi

Nyaris semua pembalap memulai kualifikasi pertama dengan menggunakan ban intermediate untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal setelah hujan yang mengguyur sirkuit. Hanya pembalap Alpine F1 Team, Fernando Alonso, yang memulai kualifikasi dengan menggunakan ban basah.

Duo Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas mendominasi jalannya kualifikasi pertama. Pembalap Red Bull Racing, Sergio Perez, juga tidak mau kalah dengan terus berusaha menempel perolehan waktu yang diraih Mercedes.

Kejutan terjadi ketika Max Verstappen memilih mundur dari babak kualifikasi. Pemimpin klasemen sementara F1 2021 itu bakal memulai balapan dari posisi terakhir lantaran mengganti seluruh komponen mesinnya. 

Bottas mampu menjadi  yang tercepat pada kualifikasi pertama dengan perolehan waktu 1 menit 46.396 detik. Sedangkan Kimi Raikkonen, Mick Schumacher, Antonio Giovinazzi, Nikita Mazepin, dan Max Verstappen harus tersingkir di kualifikasi pertama.

Pembalap lain sedikit kesulitan untuk dapat mendekati raihan waktu yang mampu diberikan oleh duo Mercedes. Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, yang juga mendapatkan upgrade pada mesinnya juga tidak mampu berbuat banyak.

Lima pembalap pun harus tersingkir di kualifikasi kedua. Kali ini Sebastian Vettel, Yuki Tsunoda, Nicholas Latifi, dan Charles Leclerc gagal menembus sepuluh besar dan terhenti di kualifikasi kedua.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2410 seconds [12]