F1 | Detail

Hasil Kualifikasi F1 GP Emilia-Romagna 2022: Max Verstappen Raih Pole

Quadiliba Al-Farabi
Sabtu, 23 April 2022, 00:03 WIB
Hasil Kualifikasi F1 GP Emilia-Romagna 2022: Max Verstappen Raih Pole
Max Verstappen raih pole position di F1 GP Emilia-Romagna 2022 (REUTERS)

IMOLA - Pembalap  Red Bull Racing Max Verstappen berhasil meraih pole position setelah sesi kualifikasi F1 GP Emilia-Romagna 2022 pada Jumat (22/4/2022) malam WIB. Sementara nasib kurang baik menimpa duo Mercedes.

George Russel dan Lewis Hamilton harus tersingkir sejak Q2. Maka dari itu, kedua pembalap ini tercecet ke posisi 11 untuk Russel sementara Hamilton sendiri ada di posisi ke-13 untuk balapan kali ini.

Verstappen mencatatkan waktu terbaik 1 menit 19,295 detik yang didapatnya di Q1. Adapun peringkat kedua dikuasai pembalap Ferrari Charles Leclerc. Memulai sesi ini, hujan masih mengguyur trek Autodromo Enzo. Lintasan basah ketika latihan bebas sebelumnya dikuasai duo Ferrari, tapi kini para pembalap sudah mulai mengenal trek ini.

Di awal sesi Q1, Stroll mampu melesat jadi yang tercepat melewati Sebastian Vettel. Namun itu hanya berlangsung beberapa menit. Belum ada 10 menit sesi berlangsung, red flag sudah berkibar. Terlihat kobaran api membakar mobil dari pembalap Williams Alex Albon. Diprediksi dia mengalami gagal rem.

Akhirnya sesi kembali berlanjut setelah lima menit terhenti. Lando Norris kini yang menempati urutan pertama melewati Stroll. Leclerc baru bisa mengimprovisasi ketika Q1 tersisa lima menit lagi. Namun dia masih terpaut dari lima besar yang dikuasai oleh Norris, Verstappen, Ricciardo, dan Sainz.

Sementara Hamilton masih berjuang di peringkat ke-13. Untungnya dia masih selamat dari zona tersingkir yang diduduki Tsunoda, Gasly, Latifi, Ocon, dan Albon. Memasuki Q2, hujan semakin lebat. Carlos Sainz dan Verstappen terlihat bersaing dan saling menyalip di awal-awal sesi.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1356 seconds [13]