F1 | Detail

Hasil Kualifikasi F1 GP Belgia 2021: Max Verstappen Raih Pole Position meski Diganggu Bendera Merah

Quadiliba Al-Farabi
Sabtu, 28 Agustus 2021, 22:20 WIB
Hasil Kualifikasi F1 GP Belgia 2021: Max Verstappen Raih <i>Pole Position</i> meski Diganggu Bendera Merah
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, berhasil meraih pole position pada Kualifikasi F1 GP Belgia 2021, Sabtu (28/8/2021) malam WIB (Foto: Reuters/Johann Geron)

STAVELOT - Max Verstappen sukses meraih posisi start terdepan pada Kualifikasi F1 GP Belgia 2021, Sabtu (28/8/2021) malam WIB, di Sirkuit Spa-Francorchamps, Stavelot. Pembalap Tim Red Bull Racing itu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 59,765 detik pada sesi yang sempat diwarnai bendera merah itu. 

Jalannya Kualifikasi

Babak kualifikasi ini sempat ditunda beberapa menit lantaran hujan deras yang terus mengguyur sirkuit. Lando Norris menjadi yang tercepat di Q1 dengan catatan waktu 1 menit 58,776 detik.

Selayaknya di Q1, Lando Norris menjadi yang tercepat di menit-menit awal Q2. Kejutan datang dari posisi yang ditempati Lewis Hamilton. Di pertengahan Q2, Hamilton dan Valtteri Bottas sempat menghuni urutan 14 dan 15!

Pembalap McLaren F1 Team, Lando Norris, mengalami kecelakaan parah pada sesi kualifikasi (Foto: Twitter/@F1)
Pembalap McLaren F1 Team, Lando Norris, mengalami kecelakaan parah pada sesi kualifikasi (Foto: Twitter/@F1)

Beruntung, Hamilton dan Bottas mampu melesat pada percobaan terakhir sekaligus lolos ke Q3. Drama terjadi di Q3, di mana hujan semakin deras dan membuat lintasan semakin berbahaya. Hasilnya terjadi kecelakaan yang menimpa Lando Norris karena lintasan licin. Petugas pun mengibarkan bendera merah.

Sesi ini pun terhenti beberapa menit. erpantau Norris mengalami hilang kendali pada bagian belakang mobilnya. Dia pun menabrak pembatas di ujung tikungan Radillon dalam kecepatan tinggi. 

Untungnya, Norris dinyatakan aman usai mengalami kecelakaan parah itu. Petugas langsung membersihkan puing-puing dari mobil McLaren MCL35M yang dikemudikannya. Q3 pun terhenti selama 30 menit. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2033 seconds [13]