F1 | Detail

Hasil F1 GP Turki 2021: Valtteri Bottas Tercepat, Lewis Hamilton Dikudeta

Muammar Yahya Herdana
Minggu, 10 Oktober 2021, 21:05 WIB
Hasil F1 GP Turki 2021: Valtteri Bottas Tercepat, Lewis Hamilton Dikudeta
Valtteri Bottas vs Max Verstappen di F1 GP Turki 2021 (Reuters)

ISTANBUL – Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, tampil sebagai yang tercepat dalam gelaran F1 GP Turki 2021. Menariknya, rekan setim Bottas, yakni Lewis Hamilton, justru tercecer dan hanya bisa finis kelima dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Istanbul Park, Minggu (10/10/2021) malam WIB ini.

Dengan hasil ini, posisi Hamilton di puncak klasemen pun dikudeta oleh pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Pembalap berpaspor Belanda itu pasalnya finis kedua malam ini.

Jalannya Balapan

Memulai balapan dengan sirkuit yang sedikit basah, Valtteri Bottas mampu mempertahankan posisinya sebagai yang terdepan. Di belakangnya ada Max Verstappen dan Charles Lecrerc yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Nasib yang kurang baik harus diterima oleh pembalap Alpine, Fernando Alonso, di lap pertama. Pembalap asal Spanyol itu disenggol oleh Pierre Gasly  di tikungan pertama yang membuatnya harus terjun dari urutan lima, ke posisi 15.

Atas insiden tersebut, Pierre Gasly pun harus menerima penalti selama lima detik. Hal yang serupa juga diberikan kepada Fernando Alonso yang sempat melakukan kontak dengan pembalap Haas, Mick Schumacher.

Lewis Hamilton yang baru saja menerima upgrade pada mobilnya mampu menunjukan kemampuannya pada balapan kali ini. Memulai balapan di urutan 11, pembalap asal Inggris itu mampu menduduki posisi ke lima pada lap ke 14.

Menjalang lap 20, Verstappen pun mendekat dengan Bottas untuk merebut tempat pertama dan menggeser posisi Hamilton sebagai pemuncak klasemen. Namun Bottas juga berusaha untuk mengemudi lebih cepat untuk mengamankan posisinya.

Mercedes memutuskan Bottas untuk mengikuti langkah Verstappen untuk masuk kedalam pit pada lap ke-38. Leclerc kini berada di posisi pertama dengan selisih lima detik dari Bottas yang kini berada di posisi kedua.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.7037 seconds [13]