logo
F1 | Detail

Hasil F1 GP Austria 2022: Juara, Charles Leclerc 3 Kali Asapi Max Verstappen

Andika Rachmansyah
Minggu, 10 Juli 2022, 21:46 WIB
Hasil F1 GP Austria 2022: Juara, Charles Leclerc 3 Kali Asapi Max Verstappen
Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) juara F1 GP Austria 2022 di depan Max Verstappen (Red Bull Racing), Minggu (10/7/2022) malam WIB (Foto: Twitter/@F1)

SPIELBERG - Charles Leclerc berhasil menjuarai F1 GP Austria 2022, Minggu (10/7/2022) malam WIB. Pembalap tim Scuderia Ferrari itu melintasi garis finis lebih dulu di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, dan unggul 2 detik dari Max Verstappen

Jalannya Balapan

Verstappen yang start dari posisi pertama sukses mengawali balapannya dengan sangat baik. Namun, tidak dengan rekan setimnya Sergio Perez. Dia terlempar usai tersenggol George Russell (Mercedes AMG Petronas) di tikungan empat. 

Di lap 12, Leclerc sukses menikung Verstappen dan memimpin balapan. Lalu, Lewis Hamilton berada di urutan empat membayangi rivalnya itu.

Kemudian perubahan posisi terjadi pada lap ke-31. Verstappen kini berada di posisi pertama dengan diikuti secara berurutan oleh Leclerc, Sainz, Hamilton, dan Esteban Ocon. Sementara disisi lain, Perez tidak bisa melanjutkan balapan.

Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) menyalip Max Verstappen (Red Bull Racing) pada F1 GP Austria 2022 (Foto: Reuters/Florion Goga)
Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) menyalip Max Verstappen (Red Bull Racing) pada F1 GP Austria 2022 (Foto: Reuters/Florion Goga)

Leclerc sukses melakukan overtake mulus pada lap ke-33 yang membuatnya sukses merangsek naik ke posisi pertama. Sementara Verstappen harus melorot ke urutan tiga. Pembalap asal Belanda itu harus berupaya untuk menyalip duo Scuderia Ferrari yang berada tepat di depannya.

Leclerc yang sedang memimpin masuk ke pit pada lap ke-50 untuk mengganti ban dan disusul Sainz di lap ke-51. Keadaan itu membuat posisi berubah. Adapun posisi lima terdepan saat ini yaitu Verstappen, Leclerc, Sainz, Hamilton, dan Ocon.

Strategi yang dilakukan Scuderia Ferrari itu berjalan mulus. Leclerc kembali memimpin balapan usai menikung Verstappen di lap ke-53. Namun, nasib sial dialami Sainz di 12 lap tersisa. Dia tidak bisa melanjutkan balapan karena mobilnya bermasalah hingga terbakar.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3135 seconds [12]