Basket | Detail

Hasil Basket Olimpiade: AS Bantai Iran dengan Skor Nyaris 2 Kali Lipat

Rifqi Herjoko
Rabu, 28 Juli 2021, 15:29 WIB
Hasil Basket Olimpiade: AS Bantai Iran dengan Skor Nyaris 2 Kali Lipat
Tim Basket Amerika Serikat berhasil membantai Iran di Olimpiade (FOTO: CHARLIE NIEBERGALL/Reuters).

TOKYO - Tim bola basket putra Amerika Serikat atau AS berhasil bangkit dari kekalahan pembuka mereka saat jumpa Prancis Minggu (25/7/2021). Kini, mereka berhasil mengalahkan Iran dengan hasil akhir nyaris 2 kali lipat, 120-66 pada laga lanjutan Grup A cabor basket Olimpiade Tokyo 2020.

Kemenangan hari ini (28/7/2021) merupakan yang pertama bagi mereka di ajang Olimpiade. Dengan demikian, hasil positif melawan Republik Ceko pada Sabtu (31/7/2021) nanti akan memberi mereka tempat ke babak selanjutnya. 

Meski begitu, margin besar kemenangan hari ini memberi tim Negeri Paman Sam ini kesempatan untuk tetap maju, bahkan jika menderita kekalahan lagi dari Ceko.

Pada laga siang tadi, tim Iran jelas terlihat kalah kelas dan tidak bisa mengimbangi permainan dari tim bertabur bintang tersebut. Yang menarik, tampaknya pelatih Gregg Popovich melakukan beberapa penyesuaian pada laga kali ini.

Pertama, sosok berusia 72 tahun itu mengubah susunan pemainnya dan memasukkan Jrue Holiday dan Devin Booker. Perubahan itu menyebabkan keseimbangan yang lebih baik dan pergerakan bola yang lebih cepat.

Kecepatan tersebut membuat Iran kehilangan keseimbangan dalam pertahanan dan menyebabkan aliran tembakan terbuka. Holiday dkk pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan membombardir tim asal Asia itu.

Dilansir dari ESPN, Rabu (28/7/2021), tim yang hobi dengan gaya menyerang ini tampil trengginas pada laga siang tadi. Damian Lillard meledak dan memasukkan tujuh lemparan tripoin. Secara total, dia mencetak 21 poin. Pada laga ini, ritme dari tim AS  terlihat jelas.

Lebih jauh lagi, konsep yang diterapkan Popovich adalah bermain lebih tradisional, menciptakan kecepatan ofensif dengan hanya mengungguli pemain Iran yang lebih lambat. Itulah yang dilakukan tim Amerika Serikat, yakni mengandalkan kecepatan dari kesalahan yang dilakukan lawan.

Ini adalah cara tradisional Tim AS bermain di Olimpiade, yakni dengan mengerahkan 10 atau bahkan 11 orang rotasi dan menjatuhkan lawan. Semua dimungkinkan oleh substitusinya yang dipenuhi banyak pemain bintang.

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1375 seconds [13]