Basket | Detail

Harmoko, Mantan Ketua Perbasi Tutup Usia

Saliki Dwi Saputra
Minggu, 04 Juli 2021, 22:07 WIB
Harmoko, Mantan Ketua Perbasi Tutup Usia
Mantan Ketua Umum Perbasi Harmoko (Foto: Perbasi)

JAKARTA - Kabar duka datang dari Mantan Menteri Penerangan, Harmoko.  Politisi senior itu meninggal dunia, pada Minggu (4/7/2021) pukul 20.22 WIB di RSPAD Gator Subroto, Jakarta.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh politisi Golkar, Sarmuji. "Innalillahi wa innailaihi rojiun telah meninggal dunia Bpk. H. Harmoko bin Asmoprawiro pada hari Minggu 4 Juli pada jm 20:22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau dan mohon doanya insya Allah beliau husnul khotimah. Aamiin YRA,"

Seperti diketahui, Harmoko merupakan mantan wartawan yang jadi politisi ternama di era Soeharto. Almarhum pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Indonesia pada masa Orde Baru dan Ketua MPR pada masa pemerintahan BJ Habibie.

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, dan kemudian menjadi Menteri Penerangan di bawah pemerintahan Soeharto.

Tidak cuma menjadi orang yang lekat dengan pemerintahan Orde Baru. Harmoko yang mempunyai nama lengkap Harun Muhammad Kohar juga aktif dalam organisasi olahraga di republik ini.

Dilansir dari situs resmi Perbasi, Sabtu (4/7/2021), Harmoko tercatat pernah menduduki Ketua Umum Bola Basket Indonesia (PERBASI) (1986-1998). Bahkan masa jabatan itu merupakan masa jabatan terlama yang pernah diemban dalam sejarah Perbasi.  

Uniknya, jabatan tersebut Harmoko emban sekaligus dengan posisi Menteri Penerangan RI Kabinet Pembangunan dan Ketua DPR/MPR RI (Oktober 1997-1999).

Selamat jalan Pak Harmoko.

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1376 seconds [13]