F1 | Detail

Hamilton Gagal Juara Dunia, Bos Mercedes Kembali Singgung Kebijakan FIA

Andhika Khoirul Huda
Sabtu, 25 Desember 2021, 12:30 WIB
Hamilton Gagal Juara Dunia, Bos Mercedes Kembali Singgung Kebijakan FIA
Lewis Hamilton (kiri) berusaha menyalip Max Verstappen pada F1 GP Brasil 2021 (Foto: Reuters/Amanda Perobelli)

WINA – Toto Wolff selaku Kepala Tim Mercedes masih tidak terima dengan kekalahan pembalapnya, Lewis Hamilton dalam perebutan gelar Juara Dunia F1 2021. Baru-baru ini Toto Wolff mengkritik kebijakan  Federation Internationale de l'Automobile (FIA) sebagai penanggung jawab balapan yang dinilainya penuh kontroversi.

Sebagaimana diketahui, pembalap andalan Marcedes, Lewis Hamilton, kalah dramatis sekaligus kontroversial dalam balapan terakhir di GP Abu Dhabi 2021. Hal itu pun membuatnya harus merelakan gelar juara dunia 2021 jatuh ke tangan pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Hamilton memimpin dengan nyaman hingga balapan di Yas Marina itu menyisakan enam lap. Namun, keadaan berubah setelah safety car keluar usai Nicholas Latifi mengalami kecelakaan.

Lewis Hamilton langsung menyalip Max Verstappen untuk posisi terdepan selepas start F1 GP Abu Dhabi 2021 (Foto: Reuters/Ahmed Jadallah)

Setelah itu, Direktur FIA, Michael Masi, membuat keputusan kontroversial dengan membolehkan sejumlah mobil yang dilintasi antara Hamilton dan Verstappen melewati safety car. Alhasil, Verstappen yang tadinya berada cukup jauh di belakang langsung melaju ke posisi kedua dan menempel ketat sang juara dunia tujuh kali.

Sial bagi Hamilton, Verstappen yang memiliki ban yang lebih bagus setelah sempat masuk pit mampu menyalipnya di lap terakhir. Dia pun harus menelan kekecewaan karena gelar juara dunia kedepalan yang diimpikannya sirna begitu saja. Setelah itu, Mercedes sempat mengajukan dua banding yang berakhir dengan penolakan dari FIA. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1227 seconds [13]