MotoGP | Detail

Gunakan Motor Custom Tinjau Kesiapan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi: Insya Allah Sudah Siap

Furqon Al Fauzi
Kamis, 13 Januari 2022, 20:30 WIB
Gunakan Motor Custom Tinjau Kesiapan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi: Insya Allah Sudah Siap
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN pantau Sirkuit Mandalika (Foto: Istimewa)

LOMBOK - Menggunakan sepeda motor custom, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meninjau sejumlah fasilitas yang akan menunjang kesuksesan pagelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/1/2022).

Jokowi memulai peninjauan dengan melakukan simulasi kedatangan dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok Tengah ke Sirkuit Mandalika dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki W175 custom.

Jokowi menjajal jalan bypass Bandara Internasional Lombok-Sirkuit Mandalika dengan motor tersebut bersama rombongan. Jokowi meninjau kesiapan sejumlah infrastruktur penunjang MotoGP Mandalika 2022 yang akan digelar 18-20 Maret mendatang.

Dalam keterangan pers yang diterima Sporstars.id, Jokowi mengatakan ada tiga aspek penting yang menjadi perhatiannya demi keksuksesan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika maret mendatang.

"Kita datang ke sini dalam rangka melihat perbaikan yang disiapkan dalam rangka MotoGP di bulan Maret nanti. Baik itu yang terkait persiapan kedatangan, mulai dari Airport, mulai dari masuknya nati seperti apa, sudah PCR apa belum, sudah Vaksinasi apa belum. Kemudian juga simulasi untuk loading dan unloading seperti apa," kata Jokowi.

"Dan yang kedua berkaitan dengan penataan Landscape dari bandara menuju Sirkuit Mandalika. Sudah mulai dipercantik dengan bunga-bunga, di titik-titik tertentu juga dihijaukan kembali sehingga pada saat tamu- tamu datang dari Airport menuju Mandalika sudah lebih cantik dan indah," ia menambahkan.

"Dan yang ketiga saya juga cek di sirkuit terutama persiapan organisasi dalam menghadapi MotoGP, kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi, akomodasi nanti seperti apa, transportasi, hotel, pesawat seperti apa akan dicek satu per satu. Insya Allah semuanya dalam kondisi siap."

Presiden Jokowi mantau Sirkuit Mandalika

Jokowi menegaskan Sirkuit Mandalika sudah siap menggelar ajang balap motor dunia MotoGP tahun ini. Namun menurutnya Sirkuit Mandalika bukan hanya urusan balap motor semata, melainkan juga menyangkut ekonomi masyarakat. 

"Acara besar yang mendatangkan para pebalap, penonton, dan wisatawan dari seluruh penjuru dunia ini harus memberi dampak ekonomi kepada warga sekitarnya,"lanjut Jokowi.

"Karena itulah, sarana-sarana hunian pariwisata berupa homestay telah dibangun di sejumlah desa di Kabupaten Lombok Tengah yang pembenahannya dibantu oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR."

Menyambut gelaran MotoGP di Mandalika, pemerintah telah melakukan pembenahan 915 unit sarana hunian pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Mandalika yang terdiri atas 398 homestay dan 517 rumah swadaya. Homestay dan rumah swadaya ini dapat menjadi alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung untuk menikmati ajang MotoGP. 

"Tadi di Lombok, saya meninjau langsung homestay dan rumah swadaya tersebut, dan saya optimistis bahwa semuanya akan terisi penuh pada saat penyelenggaraan MotoGP nanti," pungkas Jokowi.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1128 seconds [13]