F1 | Detail

Guanyu Zhou Bakal Jadi Pembalap Pertama Asal China di Ajang F1

Rifqi Herjoko
Selasa, 05 Oktober 2021, 08:02 WIB
Guanyu Zhou Bakal Jadi Pembalap Pertama Asal China di Ajang F1
Guanyu Zhou (Foto: Instagram @gyzhou_33)

SHANGHAI – Ajang balap mobil bergengsi dunia, Formula 1, tampaknya bakal memberikan kejutan di musim depan. Pasalnya, kompetisi tersebut bakal kedatangan pembalap baru asal Asia. Guanyu Zhou akan menjadi pembalap China pertama yang berlaga di kasta tertinggi ajang balap mobil tersebut.

Pria berusia 22 tahun dari Shanghai itu diyakini akan segera merapat ke Alfa Romeo Racing musim depan. Di sana, dia akan bermitra dengan Valtteri Bottas. Saat ini, Zhou berada di urutan kedua dalam kejuaraan Formula 2. Dia merupakan bagian dari program pembalap muda Alpine.

Dia merupakan pembalap kedua dari China daratan yang berada di belakang kemudi mobil F1. Sebelumnya, pembalap bernama Ma Quinghua mengendarai jet darat tersebut dalam lima sesi latihan sepanjang 2012 dan 2013 dengan HRT dan Caterham.

Zhou merupakan bagian dari Akademi Pembalap milik Ferrari sebelum bergabung ke Alpine. Namun demikian, dia telah diberitahu  bahwa dia dipersilakan untuk meninggalkan Alpine demi mengejar impiannya di F1. Tim tersebut tidak ingin menggantikan Fernando Alonso atau Esteban Ocon untuk saat ini.

Direktur eksekutif Alpine, Marcin Budkowski, angkat suara mengenai rumor kepindahan Zhou ke F1. Dia memilih bungkam terhadap kabar yang beredar saat ini.

“Terkait Guanyu Zhou, saya tidak akan berkomentar mengenai rumor atau kontrak pengemudi. Kami sedang mengevaluasi opsi untuk pembalap akademi kami, tetapi keberhasilan akademi juga diukur melalui outputnya,” ujar Budkowski dilansir dari The Sun, Selasa (5/10/2021).

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1444 seconds [13]