Liga Champions | Detail

Gol Tungggal Havertz Bawa Chelsea Juara Liga Champions 

Maruf
Minggu, 30 Mei 2021, 03:58 WIB
Gol Tungggal Havertz Bawa Chelsea Juara Liga Champions 

PORTO - Gelandang asal Jerman Kai Havertz membawa Chelsea menang atas 1-0 atas Manchester City (Man City) pada final Liga Champions di Stadion Dragao, Portugal, Minggu (30/5). Gol diciptakan Havertz pada menit ke-42 setelah melewati penjaga gawang Man City Ederson.

Laga final berlangsung menarik. Kedua tim bermain terbuka dengan banyak peluang yang mereka ciptakan. Man City sebenarnya lebih mendominasi  jalannya pertandingan terutama di babak kedua. Meski harus kehilangan Kevin de Bruyne yang ditarik keluar karena cedera, intensitas permainan mereka tidak menurun. 

Masuknya Gabriel Jesus justru membuat tekanan yang diberikan ke pertahanan Chelsea meningkat Terhitung sejak De Bruyne ditarik keluar, The Citizens memiliki dua peluang emas. Pertama dari Mahrez, yang kedua melalui umpan tarik Sterling. Meski kedua peluang itu tidak bisa dikonversi menjadi gol. 

Pelatih Man City Pep Guardiola juga melakukan beberapa pergantian bagian dari cara kontrastrategi dari permainan Chelsea. Seperti memasukkan Fernandinho untuk memberikan keseimbangan di tengah dengan menarik keluar Bernardo Silva. 

Cara ini cukup berhasil meredam agreasivitas lini tengah The Blues, meski pada saat bersamaan Pelatih Chelsea Thomas Tuchel juga menarik keluar striker mereka Warner, dengan memasukkan Christian Pulisic. Penyerang asal Amerika Serikat ini juga memiliki peluang emas tapi tendangannya masih melebar di sisi kanan gawang Man City yang dikawal Ederson. 

Situasi babak kedua ini berbeda dengan babak pertama yang berlangsung seimbang. Chelsea yang mengunakan formasi 3-4-2-1 berkali kali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Mengandalkan serangan balik dengan kekuatan full back kiri Ben Chilwel dan gerakan ekplosif gelandang Ngolo Kante, Havertz dan kecepatan penyerang Timo Warner, Chelsea setidaknya memiliki empat peluang bagus. 

Sayang keterlambatan dalam mengambil keputusan dan regrouping yang dilakukan pemain belakang Man City, membuat kedudukan masih imbang sampai menit ke-43, sebelum Havertz membuat gol untuk membawa The Blues unggul. 

Man City juga bukan tanpa peluang. Setidaknya mereka memiliki tiga peluang bagus melalui Raheem Sterling, Kevin de Bruyne dan Phil Foden. Tapi, peluang itu masih berhasil dimentahkan para pemain belakang Chelsea. Pelatih Thomas Tuchel sendiri harus kehilangan bek tengah veteran Thiago Silva yang mengalami masalah setelah berduel dengan Foden. Dia kemudian ditarik dan digantikan Andres Christensen.

Hingga laga usai, skor 1-0 masih bertahan untuk Chelsea. Kemenangan The Blues membuat mereka mengangkat trofi Liga Champions untuk kedua kali setelah melakukannya di musim 2011/2012. Sedangkan kekalahan Man City membuat mereka gigit jari untuk kesekian kali dan gagal menyamai treble winners yang pernah didapakan Manchester United.  

 
Susunan pemain Man City vs Chelsea:

Man City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Oleksandr Zinchenko; Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan, Bernardo Silva; Riyad Mahrez, Raheem Sterling, Phil Foden.

Cadangan: Fernandinho, Benjamin Mendy, Zack Steffen, Nathan Ake, Rodrigo, Aymeric Laporte, Joao Cancelo, Eric Garcia, Gabriel Jesus, Sergio Aguero, Scott Carson, Ferran Torres.

Pelatih: Josep Guardiola

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Reece James, N'Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell; Mason Mount, Kai Havertz; Timo Werner.

Cadangan: Marcos Alonso, Callum Hudson-Odoi, Andreas Christensen, Hakim Ziyech, Willy Caballero, Christian Pulisic, Mateo Kovacic, Emerson, Billy Gilmour, Kurt Zouma, Olivier Giroud, Kepa Arrizabalaga.

Pelatih: Thomas Tuchel

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.5424 seconds [12]