logo
Liga Indonesia | Detail

Gol Madura United ke Gawang Persija Jakarta Tidak Disahkan, Pengamat: Keputusan Tepat!

Wikanto Arungbudoyo
Minggu, 18 September 2022, 08:46 WIB
Gol Madura United ke Gawang Persija Jakarta Tidak Disahkan, Pengamat: Keputusan Tepat!
Pemain Madura United, Lulinha, menendang bola ke gawang Persija Jakarta tetapi gol tidak disahkan wasit (Foto: Instagram/@eljongjava59)

JAKARTA – Kontroversi terjadi di penghujung laga pekan 10 Liga 1 2022-2023 antara Persija Jakarta vs Madura United. Pasalnya, Lulinha sempat memasukkan bola ke gawang Andritany Ardhiyasa di akhir pertandingan. Namun, wasit tidak mengesahkan gol tersebut. 

Seperti diberitakan, laga Persija Jakarta vs Madura United berakhir dengan skor 0-0. Pertandingan penuh adu taktik tersebut berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/9/2022) malam WIB.

Kedua kesebelasan sama-sama minim mencatatkan peluang selama 90 menit. Namun, Madura punya kans memenangi pertandingan di injury time babak kedua. Semua bermula dari kesalahan Andritany dalam mengumpan bola. 

Si kulit bundar malah jatuh di kaki Reva Adi Utama yang langsung menendang bola ke arah gawang kosong. Namun, bola membentur mistar, lalu jatuh dan kembali menerpa tiang gawang sebelah kanan. Lulinha, yang tidak mendengar peluit panjang dari wasit, langsung menyambar bola. 

Akan tetapi, wasit Ginanjar Rachman memilih tidak mengesahkan gol tersebut. Dia bergeming pada putusan di mana peluit lebih dulu berbunyi sebelum bola muntah disambar Lulinha. Untuk yang satu ini, pengamat sepak bola Gita Suwondo menilai keputusan sang pengadil sudah tepat.

“Keputusan tepat dari wasit karena walaupun dia meniup peluit panjang tanda injury time usai saat Andritany menendang bola yang blunder, dia membiarkan advantage jika tendangan lob Madura United langsung masuk gawang,” terang Gita kepada Sportstars.id, Minggu (18/9/2022).

“Karena bola terkena tiang, itu dianggap sebagai aksi final pertandingan, rebound tidak bisa dimanfaatkan,” lanjutnya. 

“Kenapa? Karena begitu peluit dibunyikan semua pemain menghentikan aktivitas. Termasuk tidak bereaksinya pemain belakang Persija mengejar pemain Madura United yang memanfaatkan rebound,” urai Gita.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2096 seconds [12]