logo
Hobi | Detail

Gerakan Pilates untuk Menurunkan Berat Badan

Tim Sportstars
Kamis, 04 Agustus 2022, 23:58 WIB
Gerakan Pilates untuk Menurunkan Berat Badan
Beberapa gerakan pilates untuk menurunkan berat badan yang biasa dilakukan. (Foto: Dallasobserver)

Adanya manfaat gerakan pilates untuk menurunkan berat badan membuat olahraga mirip yoga ini digemari banyak orang. Berikut gerakan pilates untuk menurunkan berat badan yang telah dirangkum Tim Sportstars

Kenapa Pilates Bisa Menurunkan Berat Badan?

Pilates bisa menurunkan berat badan dengan dikombinasi pola hidup sehat dan olahraga kardio seperti berlari,bersepeda, senam aerobik. Pilates salah satu olahraga low impact dimana kedua atau salah satu kaki masih menempel di lantai, yang lebih efektif untuk menguatkan, membangun massa otot tanpa lemak, dan memperbaiki postur tubuh. 

Jumlah Kalori yang Dikeluarkan saat Pilates

Jumlah kalori yang terbakar pada saat melakukan pilates berkisar 210 hingga 360 kalori per 50 menit latihan.  Laju pembakaran kalori seseorang berbeda-beda tergantung faktor apa yang memengaruhi. Seseorang yang masih pemula olahraga pilates dan tidak didukung faktor hidup sehat, hanya dapat menurunkan berat badan sekitar 0,5 kilogram per 2 minggu. 

Gerakan Pilates untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut beberapa gerakan pilates untuk menurunkan berat badan:

Criss-Cross

Criss cross merupakan gerakan bersilang dengan memutarkan tubuh ke kanan dan ke kiri. Pada saat tubuh bagian atas berputar, kedua kaki juga ikut berputar berlawan arah. Gerakan ini melatih kekuatan otot perut bagian bawah. Jika rutin melakukan gerakan ini, dapat membantu Anda untuk membakar lemak, khususnya pada bagian perut. 

Cara melakukan Criss cross: 

  • Posisi berbaring terlentang.
  • Kedua tangan diletakkan ke bagian belakang kepala.
  • Tekuk kedua kaki 90 derajat dan angkat kedua kaki dari lantai.
  • Angkat kepala dan bahu sedikit, menjauhi lantai namun masih dalam satu garis.
  • Luruskan kaki kanan dan dekatkan kaki kiri ke dada. Lakukan secara bersamaan dengan berlawan arah.
  • Lakukan gerakan ini selama 8 sampai 10 kali. 
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1616 seconds [12]