logo
Hobi | Detail

Gerakan Pemanasan dalam Senam Aerobik dan Fungsinya

Tim Sportstars
Kamis, 10 November 2022, 17:16 WIB
Gerakan Pemanasan dalam Senam Aerobik dan Fungsinya
Aerobik yang dilakukan bersama-sama sebelum pandemi covid-19 melanda. (Foto: twitter @FezileDabiDM)

JAKARTA - Gerakan pemanasan dalam senam aerobik sangat diperlukan sebelum masuk fase selanjutnya. Pemanasan dilakukan untuk melemaskan otot-otot, selain juga dapat meningkatkan energi dan mencegah resiko cedera.
     
Senam aerobik sendiri sangat populer di Indonesia. Selain menyehatkan, senam aerobik juga memberi efek gembira karena dilakukan bersama banyak orang. Selain bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, senam ini juga membuat badan lebih lentur, meningkatkan kekebalan dan menguatkan otot.

Sebelum melakukan olahraga, tentunya kita harus melakukan pemanasan. Pada senam aerobik, gerakan pemanasan tidak hanya dilakukan untuk mempersiapkan kondisi fisik, tetapi juga kondisi psikis. Mengutip buku Sehat Negeriku dengan Senam Aerobik terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut gerakan pemanasan dalam senam aerobik.

Gerakan Pemanasan dalam Senam Aerobik:

  • Isolation.

Teknik pemanasan ini dilakukan pada tempat kita berdiri tanpa perlu berpindah posisi. Gerakan yang dilakukan terbatas pada persendian. Pemanasan ini termasuk ke dalam intensitas rendah yang tidak terlalu banyak mengeluarkan energi maupun membakar kalori. Latihan ini bertujuan untuk menaikkan suhu dan menyiapkan otot-otot persendian. 

  • Full body movement.

Gerakan ini adalah gerakan bounching. Dilakukan dengan cara menekuk dan meluruskan tungkai dengan kombinasi gerakan. Gerakan ini dilakukan dengan berpindah tempat seperti tap side, easy walk, marching forward atau marching backward. 

  • Stretching.

Lakukanlah pemanasan dengan benar untuk mencapai hasil yang optimal. Secara umum ada beberapa bagian tubuh yang memerlukan peregangan yaitu paha depan dan belakang, betis, pinggul, dan punggung.

Itulah varian gerakan pemanasan dalam senam aerobik yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba. (Syifa Fauziah)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2039 seconds [12]