logo
Ragam Lainnya | Detail

Gerakan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Punggung dan Teknik Start

Tim Sportstars
Rabu, 14 Desember 2022, 19:47 WIB
Gerakan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Punggung dan Teknik Start
Teknik pengambilan napas pada renang gaya punggung sebenarnya sangat mudah (Foto: Reuters/Rob Schumacher)

JAKARTA - Gerakan kaki saat melakukan renang gaya punggung penting diperhatikan ketika berenang. Dikutip dari buku Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX, Modul Tema 15: Melesat di Air, renang merupakan olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. 

Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya bebas. Dalam artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai gerakan kaki saat melakukan renang gaya punggung. 

Gerakan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Punggung

Dikutip dari buku Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX, Modul Tema 15: Melesat di Air, teknik gerakan kaki pada renang gaya punggung dilakukan dengan terlentang, kedua lengan di atas kepala. Teknik gerakan kaki sebagai berikut:

  • Atlet berdiri di tepi kolam dengan punggung rapat pada dinding kolam, kedua lengan dibengkokkan ke atas agar tangan dapat memegang tepi kolam. 
  • Bila ada aba-aba siap, atlet mengangkat kedua kakinya ke atas kearah permukaan air bersama-sama badan dan badan serta kaki lurus pada permukaan air dengan sikap terlentang.
  • Pada aba-aba YA, atlet menggerakkan kedua kaki bergantian ke atas dan ke bawah.
  • Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha, lutut sedikit dibengkokkan dan berakhir dengan kibasan ujung kaki. Gerakannya harus lemas dan tidak kaku, gerakan ke atas dari pada gerakan ke bawah. 

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Teknik meluncur 

  • Kedua tangan berpegang pada tepi kolam, jarak tangan kanan kiri selebar bahu.
  • Kedua kaki dilipat atau dibengkokkan ke atas dan kedua lutut ada diantara kedua lengan.
  • Kedua lengan melepas pegangan pada tepi kolam, kepala diluruskan ke belakang, dan bersamaan dengan gerakan tersebut kedua kaki mendorong dinding kolam dengan kuat, sehingga tubuh terdorong ke belakang. 
  • Wajah tetap di atas permukaan air, dan kedua lengan di sisi tubuh. 

Gerakan Lengan 

Teknik gerakan lengan dibagi menjadi tiga fase, yaitu: 

  • Fase menarik dimulai setelah telapak tangan masuk beberapa cm dari permukaan air sampai titik maksimal tekukan siku atau telapak tangan tepat berada di samping luar bahu. 
  • Fase mendorong dimulai dari akhir tarikan, tangan mendorong ke belakang, dan ke bawah dalam gerakan seperempat lingkaran. 
  • Fase istirahat dimulai dari tangan keluar dari permukaan air dengan ibu jari keluar lebih dahulu. Setelah tangan berada di atas bahu, tangan diputar keluar, lalu masuk ke permukaan air dengan jari kelingking terlebih dahulu. Proses istirahat ini harus dilakukan dengan rileks seirama dengan lengan yang bergerak menarik dan mendorong. 

Teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung adalah sebagai berikut: 

  • Salah satu ujung kaki dikaitkan dengan setang di tepi kolam, kaki yang lain bertumpu pada dinding kolam agak ke bawah untuk memberi kekuatan penyangga badan. 
  • Sikap badan terlentang, muka menghadap ke atas dengan dagu agak ditarik dan kedua lengan di sisi badan. 
  • Lengan secara bergantian diayunkan lurus ke permukaan air melampaui kepala dan masuk ke air dengan posisi lengan di samping kepala. 
  • Setelah tangan masuk ke dalam air, maka dimulailah gerakan menarik dan mendorong air dengan kuat sehingga lengan lurus di sisi badan. Disarankan jari-jari tangan dirapatkan. 

Contoh gerakan renang gaya punggung (Foto: Reuters/Stefan Warmuth)

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1748 seconds [12]