logo
Ragam Lainnya | Detail

Gerakan Dasar Langkah Kaki Footwork dalam Bulu Tangkis yang Harus Diketahui

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 18:23 WIB
Gerakan Dasar Langkah Kaki Footwork dalam Bulu Tangkis yang Harus Diketahui
Gerakan dasar langkah kaki footwork dalam bulu tangkis tentunya dikuasai pebulu tangkis ganda campuran Praven/Melati.

JAKARTA  - Mengetahui gerakan dasar langkah kaki footwork dalam bulu tangkis merupakan hal yang penting. Sebab, sebagai pemain bulu tangkis footwork merupakan teknik keterampilan dasar yang cukup berpengaruh dalam teknik pukulan saat bermain bulu tangkis. 

Bulu tangkis merupakan permainan yang mengutamakan kelincahan serta ketangkasan dalam bermain. Pemain harus mendapatkan posisi memukul yang tepat. Jika tidak ada gerak kaki yang lincah, pemain akan berada dalam ancaman kekalahan. 

Sebenarnya, apa itu footwork dalam bulu tangkis? Footwork sendiri merupakan metode bergerak yang dilakukan pemain saat bermain bulu tangkis. Footwork meliputi stepping, crossover, stride, dogtrot, dan jumping. 
Untuk mengetahui lebih lanjut, simaklah pembahasan mengenai dasar dasar gerak kaki dalam bulu tangkis yang telah dirangkum oleh Sportstars.id.

Dasar dasar gerak kaki dalam bulu tangkis

  1. Posisi Siap

Gerak dasar kaki pada posisi ini harus dipersiapkan dengan baik agar pemain siap untuk bergerak tajam ke arah jatuhnya kok. Posisi kaki haruslah dalam keadaan rileks dan nyaman. Jadikan telapak kaki sebagai tumpuan serta kaki dilebarkan selebar bahu. Lutut sedikit ditekuk dengan tangan yang siap memegang raket. 

  1. Langkah Samping (Chasse)

Posisi ini biasanya digunakan ketika pemain membutuhkan formasi pergerakan yang lebih jauh dan lebih cepat. Pada posisi ini, sedikit disilangkan di belakang kaki depan. Kemudian rentangkan raket di depan badan dan arahkan raket searah dengan datangnya kok. 

Anthony Sinisuka Ginting lolos ke babak 32 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (Foto: Badminton Photo)

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1661 seconds [12]