logo
Ragam Lainnya | Detail

Gerak Spesifik Lempar Lembing Beserta Tujuannya, Lengkap

Tim Sportstars
Rabu, 14 Desember 2022, 20:09 WIB
Gerak Spesifik Lempar Lembing Beserta Tujuannya, Lengkap 
Berapa ukuran lapangan lempar lembing? Berikut penjelasannya secara lengkap. (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Gerak spesifik lempar lembing adalah untuk mendapatkan hasil maksimal dari lemparan yang dilakukan. Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga atletik nomor lempar. Alat yang digunakan dalam lempar lembing berbentuk seperti tombak dengan sudut tajam di salah satu ujungnya yang bernama lembing. 

Olahraga lempar lembing berarti melempar lembing dari tangan dengan sekuat tenaga untuk memperoleh jarak lemparan sejauh mungkin. Tujuan lempar lembing adalah mencapai jarak lemparan lembing yang sejauh-jauhnya. 

Unsur-unsur pokok lempar lembing meliputi: awalan, lemparan, sikap badan sewaktu melempar dan sikap badan setelah melempar. Pertama-tama yang harus dipelajari adalah gerak spesifik atau cara memegang dan melempar lembing tanpa awalan. 

Gerak Spesifik Lempar Lembing Beserta Tujuannya

Dalam gerak spesifik lempar lembing ada beberapa urutan, yaitu awalan, lemparan lembing, sikap badan sewaktu melempar lembing, dan sikap badan setelah melempar lembing. 

  1. Gerak Spesifik Memegang Lembing 

Pada lembing, terdapat  bagian lilitan tali yang bertujuan sebagai tempat untuk dipegang. Peganglah lembing sedemikian rupa hingga hampir sejajar dengan lengan yang digunakan memegang lembing. Lalu, ibu jari telunjuk atau jari tengah memegang lembing dengan erat. Sementara jari-jari yang lainnya memegang lemas lembing. 

Ada tiga cara memegang lembing, yaitu: 

  • Cara Amerika, dengan menempatkan ibu jari telunjuk di ujung lilitan pegangan dengan ketiga jari yang lain melingkar di sekitarnya. Letak kekuatan pegangan ada di jari telunjuk dan ibu jari. Lembing ditempatkan di tengah-tengah telapak tangan.
  • Cara Finlandia, dengan menempatkan ibu jari dan jari tengah di ujung lilitan pegangan. Kedua jari inilah yang memberikan kekuatan pada pegangan lembing. Jari telunjuk hanya menunjang lembing dengan cara diluruskan di bawah lembing dan jari kelingking dan jari manis ditempatkan di atas lilitan. 
  • Cara Tang, dengan cara menempatkan lembing di antara jari telunjuk dan jari tengah. 
  1. Gerak Spesifik ketika Melempar Lembing: 

Tujuannya gerak spesifik yang satu ini adalah agar lembing terlempar sesuai arah sasaran dan menancap di tempat sasaran saat jatuh. 

Cara melakukannya pada tahap persiapan: 

  • Taruhlah lembing di atas bahu.
  • Rentangkan kedua tangan merangkul lembing.
  • Putarlah badan ke kiri dan ke kanan, sementara kedua lutut kaki sedikit dibengkokkan. 
  • Lakukan 3 – 5 set, tiap set sebanyak 20 – 30 kali putaran ke kanan dan ke kiri. Istirahat antara set selama satu menit. 
  • Pada teknik ini menekankan pada nilai disiplin, sportivitas, percaya diri, dan kerja keras

Cara melakukannya pada tahap pelaksanaan:

  • Jika melempar lembing dengan tangan kanan, letakkan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Peganglah lembing setinggi dahi. Lengan membentuk siku, sementara lembing menyerong ke atas. 
  • Ketika lembing siap dilemparkan, luruskan tangan kanan ke belakang. Bersamaan dengan gerakan tangan tersebut, bengkokkan kaki belakang (kaki kanan) sehingga badan condong ke belakang. Tumpukan berat badan pada kaki belakang. 
  • Saat lembing akan dilemparkan, pilinlah lengan ke dalam bersamaan dengan gerakan memutar panggul kaki belakang ke depan. Lalu, ayunkan tangan melalui atas kepala terus ke depan. Saat tangan kanan lurus, lepaskanlah lembing dengan dorongan jari-jemari. Lemparkan lembing secara melambung (parabola) sehingga lembing akan menancap di tanah ketika mendarat. 
  • Pada teknik ini menekankan pada nilai disiplin, sportivitas, percaya diri, dan kerja keras. 

Cara Membawa dan Melempar Lembing penting dalam menentukan hasil lemparan. (Foto: worldathletics)

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1872 seconds [12]