logo
Hobi | Detail

Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif Bola Basket

Tim Sportstars
Selasa, 28 Desember 2021, 18:13 WIB
Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif Bola Basket
Aksi pebasket Brooklyn Nets guard DeAndre Bembry merupakan salah satu gerak lokomotor, non Lokomotor dan manipulatif bola basket. (Foto: Reuters)

GERAK lokomotor non lokomotor dan manipulatif bola basket merupakan gerakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Dalam satu tim olahraga basket, terdiri dari 5 pemain. Setiap tim berusaha untuk memasukan bola ke dalam ring guna mendapatkan point. 

Keterampilan dalam menguasai teknik permainan bola basket, akan terlihat dari setiap gerakan pemain. Gerak lokomotor non lokomotor dan manipulatif bola basket ini sangat penting sebagai dasar gerakan dalam permainan.Berikut Sportstars.id telah merangkum 3 gerakan tersebut secara lengkap:

Gerak Lokomotor Permainan Bola Basket

Gerak lokomotor adalah gerak dari seluruh tubuh untuk melalui ruang atau jarak tertentu. Gerakan ini terjadi ketika tubuh melakukan sebuah gerakan sehingga dapat menghasilkan perpindahan tempat.

Contoh Gerak Lokomotor Dalam Permainan Bola Basket

Berjalan dan Berlari

Gerakan ini termasuk ke dalam gerak lokomotor. Dalam permainan bola basket, pemain diharuskan untuk berjalan dan berlari. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berjalan dan berlari secara maju, mundur dan menyamping. Gerakan ini mampu meningkatkan keterampilan dan kelihaian pemain.

Berlari dan Melompat

Gerak lokomotor dalam permainan bola basket lainnya adalah berlari dan melompat. Umumnya, gerakan ini dilakukan pemain saat lay up shoot. Tahap pertama dilakukan dengan berlari mengarah ke ring dan dilanjutkan dengan melompat guna memasukan bola ke dalam ring.

Berjalan dan Meloncat

Berjalan dan meloncat merupakan gerak lokomotor yang dilakukan dalam permainan bola basket. Gerakan ini dijadikan sebagai permulaan ketika pemain akan menembak bola ke dalam ring. Gerakan ini akan berakhir dengan posisi berdiri dan bagian telapak tangan akan menghadap ke bawah. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2154 seconds [13]