logo
Ragam Lainnya | Detail

Gerak Berirama: Pengertian, Sejarah, Unsur, Jenis

Tim Sportstars
Selasa, 03 Januari 2023, 16:39 WIB
Gerak Berirama: Pengertian, Sejarah, Unsur, Jenis
Gerak berirama ikut diperlombakan di Olimpiade (Foto: Paris 2024)

JAKARTA - Berikut penjelasan gerak berirama: pengertian, sejarah, unsur, jenis. Senam berasal dari bahasa Yunani dan berarti telanjang. Pada zaman dahulu senam dilakukan dengan telanjang atau setengah telanjang yang artinya gerakan dapat dilakukan dengan bebas hingga menjadi sempurna. 

Sebenarnya senam sudah ada sejak zaman dahulu, namun gerakannya sangat sederhana dan diadaptasi saat itu. Pada tahun 1776, Johan Christian Friedrich GutsMuths mencoba mengembangkan gerakan senam. Bagaimanapun, dia menciptakan senam secara sistematis dan berurutan. 

Secara internasional, dia dianggap sebagai bapak senam. Salah satu jenis-jenis senam yaitu senam irama, biasa dikenal dengan gerak berirama. Untuk mengenal lebih lanjut tentang gerak berirama, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Gerak Berirama

Gerak irama atau senam irama merupakan salah satu jenis olahraga yang terbentuk melalui suatu koordinasi gerakan anggota badan seperti, tangan, kaki dan kepala dengan alunan irama, baik berupa musik atau ketukan dan dapat dilakukan secara bersama-sama dan dipandu oleh seorang instruktur senam.

Sejarah Gerak Berirama

Senam irama dicetuskan oleh tiga orang, Jean Georges Noverre, Francois Delsarte, dan Rudolf Bode. Mereka percaya gerakan menggunakan tubuh dapat menciptakan suatu keindahan dengan cara rangkaian gerak tertentu.

Selanjutnya seorang pria bernama Peter Henry Ling mengembangkan ide tersebut pada abad ke-19. Melakukannya dengan sistem Swedish, seorang atlet mengekspresikan perasaan dan emosi dirinya melalui gerakan tubuh. Lalu, ide ini dikembangkan lagi oleh Catharine Beecher.

Selanjutnya banyak tokoh-tokoh yang mempelopori tentang tubuh, gerakan tubuh, ekspresi tubuh, dan musik dengan berbagai jenis gaya dan menciptakan sistem gerak artistik dengan menggunakan alat seperti bola, tali, pita, dan membuat senam terlihat layaknya senam balet kontemporer.

Senam irama atau gerak irama mulai kompetensi awal pada 1940 di Rusia. FIG memasukkan senam lantai sebagai salah satu cabang senam pada 1961.

Pada Olimpiade Los Angeles 1984, senam ini dilombakan pada kelas individu. Pertandingan kelompok dimulai pada Olimpiade Atlanta 1996.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1928 seconds [13]