logo
F1 | Detail

Gerah Dipersulit dan Dipalak Tim F1, Andretti: Mereka Serakah!

Wikanto Arungbudoyo
Kamis, 12 Januari 2023, 09:02 WIB
Gerah Dipersulit dan Dipalak Tim F1, Andretti: Mereka Serakah!
Michael Andretti gerah dengan penolakan tim-tim F1 terhadap masuknya Andretti Autosport (Foto: BMW Press Group)

INDIANAPOLIS – Tim-tim F1 dikabarkan mempersulit langkah Andretti Autosport masuk ke ajang balap jet darat tersebut. Sang pemilik tim, Michael Andretti, menyebut penolakan itu didasarkan pada keserakahan.

Seperti dikabarkan, Andretti sangat bernafsu untuk mengikuti ajang F1 mulai 2026. Menggandeng Cadillac, mereka tengah memulai proses lewat FIA

Sayangnya, keinginan Andretti Autosport masuk ke F1 mendapat penolakan dari delapan tim F1. Kabarnya, mereka bahkan meminta tim yang berbasis di Indianapolis, Amerika Serikat (AS), itu membayar biaya anti-dilusi yang nominalnya lebih besar dari ketentuan di Concorde Agreement.

Mendapati fakta itu, Andretti jelas kesal. Dia menuding delapan dari 10 tim F1 itu sangat serakah terutama soal uang. Menurutnya, tim-tim F1 sudah berpikir Andretti Cadillac akan mendapat kemewahan berupa sokongan dana berlimpah dari sponsor-sponsor kelas kakap di Negeri Paman Sam.

Andretti Cadillac tengah memulai proses mengikuti F1 (Foto: Instagram/@andrettiautosport)
Andretti Cadillac tengah memulai proses mengikuti F1 (Foto: Instagram/@andrettiautosport)

“Ini semua soal uang. Pertama, mereka berpikir akan mendapat 10% dari uang anti-dilusi itu sebagai hadiah, tetapi juga kemudian menjadi serakah dengan anggapan kami akan membawa sponsor-sponsor besar dari AS,” tuding Andretti, dikutip dari Motorsport, Kamis (12/1/2023).

“Ini adalah soal keserakahan dan mempedulikan diri sendiri tanpa melihat apa yang terbaik untuk pertumbuhan F1,” sergah pria berkebangsaan AS itu.

Lebih lanjut, Andretti mengaku tidak terkejut dengan penolakan dari tim-tim F1. Sikap itu sangat berbeda dengan Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem yang disebutnya paham F1 butuh pengembangan pasar agar semakin bertumbuh.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.3882 seconds [12]