logo
Tim Nasional | Detail

Gaya Main Timnas Indonesia Disebut Mirip Bolivia, Begini Analisisnya

Basudiwa Supraja
Rabu, 28 September 2022, 08:40 WIB
Gaya Main Timnas Indonesia Disebut Mirip Bolivia, Begini Analisisnya
Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan berjibaki dengan pemain Curacao Dylan Galdino dalam laga kedua Timnas Indonesia kontra Curacao

BOGOR - Pelatih Curacao, Remko Bicentini, menyebut gaya permainan Timnas Indonesia mirip dengan Bolivia. Hal itu disampaikannya usai laga kedua Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday, Selasa (27/9/2022).

"Jika melihat permainan Indonesia saat ini, saya pikir permainan Indonesia setipe dengan Bolivia,” ungkapnya kepada media termasuk Sportstars.id, Selasa (27/9/2022).  

Bolivia bukan termasuk tim unggulan di Amerika Selatan menurut Total Football Analysis. Hal itu dilihat dari peluang kemenangan mereka yang sangat kecil setiap mengikuti turnamen kontinental atau sejenisnya.

Masih melansir dari sumber yang sama, Bolivia bahkan hanya menang dua kali dari 26 laga mereka sejak 2018 lalu. Berdasarkan hasil tersebut, mereka lantas menjadi tim terlemah di Amerika Selatan.

Begitulah gambaran Timnas Indonesia secara singkatnya. Namun ada hal yang patut menjadi pelajaran besar.

Komposisi Skuad Bolivia cenderung banyak pemain muda mirip dengan Timnas Indonesia. Namun mereka juga memiliki beberapa pemain senior yang diharapkan bisa menjadi panutan penggawa muda di tim.

Ada sejumlah pemain mereka juga yang bermain abroad tetapi tidak banyak. Sebagian besarnya merupakan pemain di liga domestik mereka.

Gaya serangan mereka juga serupa dengan Skuad Garuda yang identik bersifat langsung. Tidak banyak mengolah bola karena minimnya kemampuan teknis dari pemain jika dibandingkan Brasil dan Argentina.

Selain itu, cara mereka bertahan juga memaksa lawan untuk tidak melewati banyak garis tengah lapangan. Positioning mereka disiplin dan rapat.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2056 seconds [12]