Hobi | Detail

Game Online Bakal Diblokir? Berikut Penjelasan Pengurus Besar Esports Indonesia

Hasyim Ashari
Selasa, 29 Juni 2021, 22:45 WIB
Game Online Bakal Diblokir? Berikut Penjelasan Pengurus Besar Esports Indonesia
Pertandingan eSports (Foto: Engadget)

JAKARTA - Beredarnya kabar bahwa semua game online online bakal diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuat geger masyarakat, terutama para gamers. Tak heran, kabar tersebut menimbulkan keributan di dunia maya.

Kabar ini berawal dari Bupati Mukomuko Sapuan yang meminta Menkominfo untuk memblokir situs dan aplikasi game online karena dinilai memiliki dampak negatif untuk anak.

Menanggapi hal tersebut, Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Ibnu Riza, angkat bicara melalui unggahan Instagram Stories pribadinya @ibnuriza. Dalam unggahan tersebut, Ibnu Riza mengatakan mengenai pemblokiran itu soal tanggung jawab dari masyarakat bukan salah gamenya.

“Mengenai pemblokiran, ini perihal soal tanggung jawab dari masyarakatnya sendiri, bagaimana me-manage waktu bukan salah game-nya. Saya sudah koordinasi dengan sahabat saya Rob Clinton Ketua Umum AVGI. Untuk beliau komunikasi dengan Kemenkominfo. Mari kita tunggu hasilnya bersama Esports jaya, jaya, jaya,” terang Ibnu seperti dikutip dalam unggahan Instagram pribadinya.

Sekadar informasi, bahwa motivasi munculnya ide untuk memblokir game online lantaran banyak pengaduan yang diterima Bupati Mukomuko dari orang tua. Mereka mengatakan bahwa anak-anaknya selalu bermain game online sampai lupa waktu sehingga mengganggu waktu belajar.

Oleh sebab itu, baik dari pihak IESPA, PBESI, serta AVGI ikut turun tangan untuk mengatasi masalah tersebut. Karenanya, dari permintaan pemblokiran game online masih dalam tahap pengkajian dari Kemenkominfo.

Apakah game online akan benar-benar diblokir dari Indonesia? Lalu bagaimana nasib para pro players di Indonesia? Kita lihat perkembangannya.

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.8184 seconds [12]