Liga Indonesia | Detail

Gaji Wasit Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara, Ini Perbandingannya

Basudiwa Supraja
Kamis, 20 Januari 2022, 17:14 WIB
Gaji Wasit Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara, Ini Perbandingannya
Wasit Iwan Sukoco dinilai berat sebelah saat memimpin laga Persiraja Banda Aceh vs PSIS Semarang (Foto: PT LIB)

MENJADI wasit di Indonesia bisa dibilang sebuah profesi yang sangat menjanjikan saat ini. Pasalnya, wasit yang memimpin pertandingan Liga Indonesia (Liga 1) memiliki gaji tertinggi ketimbang wasit-wasit di negara Asia Tenggara lainnya.

Salah satu upaya PSSI untuk mencegah kasus suap di Liga 1 dan pengaturan skor pertandingan adalah menaikkan gaji wasit. Rencana itu telah diimplementasikan sejak Novemeber 2021 lalu.

Hal ini diharapkan agar para wasit tidak menerima suap dari pihak mana pun karena sudah mendapatkan gaji yang layak untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan demikian, pertandingan di Liga Indonesia pun bisa berjalan secara adil.

Tak tanggung-tanggung, PSSI menaikkan gaji wasit hingga menyentuh angka Rp10 juta per laga. Jumlah tersebut ternyata menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, diketahui untuk wasit utama akan menerima upah Rp10 juta dalam satu kali pertandingan. Asisten wasit (hakim garis) mendapat Rp7,5 juta, sedangkan wasit tambahan sebesar Rp5 juta.

Vietnam menjadi negara kedua yang memberikan gaji wasitnya cukup tinggi di Asia Tenggara. Namun ternyata nilai gaji wasit utama Vietnam dalam satu kali pertandingan bahkan hanya setengah dari wasit utama Indonesia yakni Rp5 juta.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1886 seconds [13]