F1 | Detail

Gaji Pembalap F1 Tertinggi 2021: Nomor Satu Tembus Setengah Triliun

Tim Sportstars
Senin, 22 November 2021, 15:26 WIB
Gaji Pembalap F1 Tertinggi 2021: Nomor Satu Tembus Setengah Triliun
Tampilan baru mobil Formula 1 (F1) 2022 (Foto: Formula 1)

FORMULA 1 (F1) dianggap sebagai salah satu olahraga termahal dan paling berisiko di dunia, wajar jika beberapa pembalap olahraga jet darat ini mendapatkan gaji tinggi. Tentu saja besaran gaji yang diterima tergantung dari tim dan prestasi yang diberikan. 

Gaji pembalap tak hanya berdasarkan gaji pokok saja namun juga bergantung pada pencapaian yang dapat diraihnya. Kontrak seringkali menyertakan bonus yang dilihat dari performa pembalap. Seperti memenangkan perlombaan, mencetak poin tertentu, atau berhasil finis di posisi tertentu. 

Angka pasti gaji seorang pembalap tak ada yang tahu persis. Sebab, pembalap dan tim tak pernah menyebutkan secara terang-terangan dan dapat berbeda tiap musimnya. Namun membahas mengenai gaji pembalap F1 selalu menjadi topik yang menarik. Belakangan ini Forbes merilis nama-nama pembalap F1 yang diperkirakan memilki gaji tertinggi pada tahun 2021. Berikut daftar gaji pembalap F1 tertinggi 2021. 
 
5. Sebastian Vettel 

Pembalap Aston Martin Racing, Sebastian Vettel belajar pertanian setelah jenuh menjalani lockdown

Pembalap Jerman yang kini berada di tim Aston Martin menggantikan Sergio Perez menjadi kandidat kelima yang digadang memiliki penghasilan tertinggi. Vettel menghasilkan tota gaji sebesar USD15 juta atau sekitar Rp214 juta pertahun. Meski penghasilannya lebih rendah dibanding pembalap muda seperti Max Verstappen, namun Vettel adalah pembalap legendaris yang setara dengan Lewis Hamilton dan Michael Schumacher. 

4. Sergio Perez

Pembalap Red Bull Racing, Sergio Perez, bertekad menjuarai balapan F1 GP Meksiko 2021 (Foto: Reuters/Brian Snyder)

Sergio Perez yang kini berusia 31 tahun juga termasuk pembalap F1 yang menciptakan penghasilan tertinggi di banding pembalap lainnya. Dia mendapat gaji pokok sebesar USD5 juta atau dikisaran angka Rp71 milar ditambah bonus sebesar USD13 juta (Rp185 miliar). Dalam satu tahun dia bisa mengumpulkan USD18 juta (Rp256 miliar di tahun 2021. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.4369 seconds [12]