Bola Lainnya | Detail

Gaji Ball Boy Sepak Bola, Setahun Bisa Untuk Cicil Rumah

Tim Sportstars
Selasa, 04 Januari 2022, 15:31 WIB
Gaji Ball Boy Sepak Bola, Setahun Bisa Untuk Cicil Rumah
Gaji ball boy sepak bola seperti di Liga Inggris lumayan besar sesuai dengan kebijakan liga dan klub. (Foto: Reuters)

KISAH tentang ball boy jarang diekspos media, salah satunya tentang gaji ball boy sepak bola. Padahal kisah ini menarik diulas karena dunia sepak bola sempat dihebohkan dengan banyaknya ball boy yang berakhir menjadi pemain sepak bola profesional dan banyak ball boy yang menjadi bagian strategi tim tim Liga Inggris untuk mempercepat atau mengulur waktu.

Tugas ball boy sepak bola adalah mengambil bola yang mengarah keluar lapangan. Meskipun ada yang menganggap mereka tidak penting. Para klub sepak bola mencari dan memilih calon ball boy/ball girl dengan karakteristik tertentu, mereka akan mencari calon yang energik dan bergerak cepat menangkap bola dan melemparkannya. 

Mereka yang dipilih sangat beruntung, sebab mereka akan berada di  barisan terdepan menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung dan dekat.  Namun pernahkah kalian ingin tahu, berapa uang yang dihasilkan saat menjadi ball boy? Sportstars telah mengulas gaji ball boy yang ada di beberapa negara, termasuk di liga inggris.

Gaji Ball Boy Sepak Bola di Liga Inggris

Gaji seorang ball boy tertinggi di dunia dipercaya berada di Liga Inggris. Menurut berbagai sumber, seorang ball boy diyakini mendapat 16,186 poundsterling/tahun (sekitar Rp.233.366.000). Dimana ball boy lepasan akan mendapat rata-rata USD100 - USD150 setiap pertandingannya.

Di Amerika Serikat untuk menjadi ball boy/ball girl tidak perlu mengikuti pelatihan, gaji yang mereka dapat rata-rata USD11 (Rp156.662) per jam nya dan minimal USD7 (Rp99.694). Namun mereka harus menjaga peralatan Ralph Lauren yang jika ditotalkan mencapai gaji para ball boy/ball girl dalam setahun.

Menurut ZipRecruiter gaji yang didapatkan ball boy/ball girl berkisar dari USD23.000 (sekitar Rp327.566.000) sampai USD41.000 (sekitar Rp583.922.000), sedangkan Sports-net menyebutkan bahwa gaji rata-rata ball boy profesional mulai dari dari USD$11 sampai USD26 per jamnya, tapi ini tidak dikonfirmasi perusahaan. 

Gaji rata-rata bagi para staf lainnya bisa mencapai USD36.345 hingga USD53.500 pertahun bergantung pada posisi pekerjaan dan tanggung jawab yang mereka dapat.
 
Selain dalam pertandingan sepak bola, profesi ball boy jg ada pada pertandingan bandy, cricket, tennis, baseball, dan basket. Peran mereka sebagai ball boy sangat bermanfaat dan menjadi pelajaran berharga, sebab ini menjadikan sebuah komitmen dalam bekerja di lapangan. (hasna sil maulida rahmani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1132 seconds [12]