F1 | Detail

Gagal Naik Podium GP Turki, Charles Leclerc Tak Mau Salahkan Ferrari

Fitradian Dhimas Kurniawan
Senin, 11 Oktober 2021, 11:11 WIB
Gagal Naik Podium GP Turki, Charles Leclerc Tak Mau Salahkan Ferrari
Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, tampil konsisten pada dua latihan bebas F1 GP Turki 2021 (Foto: Reuters/Murad Sezer)

ISTANBUL - Pembalap tim Scuderia Ferrari, Charles Leclerc gagal naik podium pada GP Turki 2021, Minggu (10/10/2021). Padahal pada balapan tersebut, Leclerc memiliki potensi yang cukup besar untuk bisa naik podium.

Leclerc finis di posisi keempat GP Turki 2021. Kendati gagal, namun  pembalap berusia 23 tahun ini tak mau menyalahkan timnya, terlebih balapan tersebut berlangsung dengan cuaca hujan sehingga para pembalap harus memulai balapan dengan ban intermediate.

Tantangan yang harus dihadapi kemudian adalah kapan mereka harus mengganti ban. Pasalnya, mereka tak bisa langsung beralih ke ban slick, karena terlalu berisiko. Namun, jalur balap juga mulai mengering.

Pada akhirnya, tim Mercedes-AMG Petronas berhasil mengatasi hal tersebut. mereka pun mengantar pembalapnya, Valtteri Bottas memenangkan balapan tersebut.

Sayang, Leclerc yang berada di posisi ketiga selama balapan, justru gagal menuju podium. Timnya membuat kesalahan, sehingga terlambat dalam memanggil Leclerc untuk mengganti ban.

“Situasinya sungguh aneh. Saya pikir semua mengalami hal yang serupa dan hal itu membuat kami semua kebingungan, karena minimnya pilihan kapan untuk mengganti ban,” kaya Leclerc dikutip Racing News 365, Senin (11/10/2021).

“Saya menggunakan ban bekas. Saya lalu mendengar di radio jika kecepatan Valtteri dengan ban baru pada awalnya tak terlalu bagus. hal itu membuat saya yakin dapat bertahan dengan ban bekas,” ujarnya.

“Kemudian dalam tujuh putaran, dia sempat mengalami kesulitan dan mendadak tergerus. Setelah ban menjadi botak, mendadak mobilnya sangat cepat. Ketika itu lah, saya tahu jika harus mengganti ban. Namun, semua sudah terlambat,” tutur Leclerc.

Meksi gagal podium, pembalap berpaspor Monako tersebut bisa memaklumi. Dia bahkan merasa komunikasi antara pembalap dan tim sudah berjalan sangat bagus, sehingga dapat saling memahami.

“Saya tak menyesalinya. Komunikasi tim pada GP Rusia tidak bagus. Namun, sekarang komunikasi tim sudah sangat bagus. Saya dapat menggambarkan keadaan balap,” ucapnya.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.4447 seconds [13]