logo
Hobi | Detail

Fungsi Iringan Musik dalam Senam Aerobik

Tim Sportstars
Kamis, 27 Oktober 2022, 15:45 WIB
Fungsi Iringan Musik dalam Senam Aerobik
Fungsi iringan musik dalam senam aerobik sebagai pendongkrak motivasi dan pengaturan waktu latihan. (Foto: Salfordcommunityleisure)

JAKARTA - Fungsi iringan musik dalam senam aerobik merupakan salah satu topik yang sangat menarik untuk dibahas. Senam aerobik merupakan disiplin senam yang menggabungkan rangkaian gerak dengan irama musik berkesinambungan dalam durasi waktu tertentu. Senam aerobik bertujuan untuk meningkatkan masuknya oksigen ke dalam tubuh. 

Senam aerobik dapat juga digunakan sebagai latihan rutin berirama yang dapat meningkatkan kebugaran manusia. Melalui senam aerobik, dapat meningkatkan kualitas fisik yang bersifat ritmis dengan memadukan beberapa gerakan. 

Fungsi Iringan Musik dalam Senam Aerobik 

Penggunaan musik dalam senam aerobik bertujuan sebagai motivasi dan pengaturan waktu latihan. Kegunaan musik yang bisa menyempurnakan dan membentuk keharmonisan dalam senam aerobik.

Senam aerobik dengan rangkaian gerakan yang terpola dan tidak terpola disertai dengan irama musik yang memiliki ketentuan ritmis, kesinambungan dan durasi tertentu. Olahraga ini menuntut pesenam untuk menampilkan gerakan yang kompleks dan berintensitas tinggi secara terus-menerus sesuai alunan musik.

Manfaat Senam Aerobik 

Manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh sangatlah beragam. Tidak hanya menurunkan berat badan, senam aerobik juga dapat menjaga daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan jantung.

Selain itu, senam aerobik juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif bagi kesehatan mental. Senam aerobik secara rutin juga terbukti dapat mengurangi penurunan kemampuan kognitif pada lansia, sehingga dapat mencegah pikun.

Fungsi iringan musik dalam senam aerobik memadukan antara irama dan senam secara berkesinambungan. Kamu bisa melakukan senam aerobik di luar atau di dalam rumah sekalipun. (Muhammad Farhan)

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1795 seconds [12]