logo
Ragam Lainnya | Detail

Fungsi Gerak Langkah Pencak Silat

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 18:45 WIB
Fungsi Gerak Langkah Pencak Silat 
Fungsi gerak langkah pencak silat merupakan hal dasar yang perlu diketahui. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Fungsi gerak langkah pencak silat merupakan hal dasar yang perlu diketahui. Silat merupakan olahraga bela diri dari Indonesia yang sudah berkembang ke negara negara Asia Tenggara lainnya, seperti  Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Pencak silat merupakan salah satu warisan yang patut untuk terus dijaga dan dikembangkan. Sehingga sudah sepatutnya Pencak Silat harus terus dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan. Pencak silat adalah olahraga yang terdiri dari gerakan pukulan, tendangan, hingga pengetahuan tentang bagian terlemah dalam tubuh manusia.  

Dalam pencak silat, salah satu gerak dasar yang harus diketahui adalah gerakan pola melangkah. Ketepatan dalam melangkah dapat menentukan kemenangan atau kekalahan bagi seorang pesilat.  Kemenangan akan mudah diraih ketika pesilat dapat menguasai teknik dasar silat dengan baik.

Dalam penerapannya, pola langkah dapat dilakukan dengan berdasarkan arahnya, misalnya secara silang, lurus, serong, atau menyesuaikan cara yang akan dilakukan.   Dengan gerakan langkah, pesilat dapat mengecoh lawan dan dapat menghindari serangan dari lawan.

Atlet Perguruan Tapak Suci tengah melatih macam-macam teknik dasar pencak silat (Foto: smkmuh7kdp)

Untuk itu, perlu diketahui macam macam fungsi gerak langkah pencak silat. Berikut ini merupakan ringkasan mengenai fungsi gerak langkah pencak silat yang telah dirangkum Sportstars.id.

Fungsi Gerak Langkah Pencak Silat

  • Langkah gerak pencak silat dapat berfungsi sebagai tumpuan agar dapat berdiri dengan kuat dan tangguh.
  • Berguna sebagai penyeimbang pertahanan tubuh, membela diri, bahkan saat melancarkan serangan.
  • Langkah gerak dalam pencak silat juga dapat berguna sebagai ancang ancang agar dapat menemukan posisi yang menguntungkan saat bertanding.

Itulah macam macam fungsi gerak langkah pencak silat yang perlu diketahui. Untuk memenangkan suatu pertandingan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu macam macam hal dasar dari olahraga tersebut. (Nur Fitriani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1570 seconds [12]