logo
Basket | Detail

Fungsi dan Tujuan Gerakan Pivot dalam Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Senin, 29 Agustus 2022, 18:34 WIB
Fungsi dan Tujuan Gerakan Pivot dalam Permainan Bola Basket
Fungsi dan tujuan gerakan pivot dalam bola basket sangat penting sehingga menjadi salah satu teknik yang harus dikuasai seorang pemain basket

FUNGSI dan tujuan gerakan pivot dalam bola basket sangat penting sehingga menjadi salah satu teknik yang harus dikuasai seorang pemain basket. Seorang pebasket tentunya wajib menguasai teknik serta fungsi dan tujuan pivot agar bisa melakukan gerakan tersebut. Menurut Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), pivot adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sebagai porosnya sambil masih memegang bola basket.

Cara melakukan gerakan pivot: 

  1. Pilihlah salah satu kaki yang akan dijadikan poros putaran badan. Dianjurkan menggunakan kaki yang memiliki kekuatan, seperti kaki kanan. 
  2. Gunakan kaki yang lainnya untuk melangkah ke segala arah, dengan kaki yang satunya masih tetap berfungsi sebagai poros. Kendati demikian, ketika melakukan putaran, kaki yang digunakan sebagai poros tidak boleh bergeser. Karena itu termasuk ke dalam pelanggaran.
  3. 3. Gerakan pivot ini diikuti dengan melakukan tiga gerakan lainnya, seperti dribbling (menggiring bola), passing (mengoper bola), dan shooting (menembak bola). Gerakan pivot sendiri berfungsi untuk mengamankan bola basket dengan cara memegang lalu memutarkannya untuk menghindari lawan.

Derrick Xzavierro membela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 (Reuters)

Tujuan Gerakan Pivot 

Tujuan seorang atlet melakukan gerakan pivot bermacam-macam, ada yang melakukan gerakan pivot saat menjaga bola ketika baru menerima umpan dan rekan setim. Lalu ada pula yang melakukan gerakan pivot karena ingin menjadi langkah pertama sebelum melakukan shooting. Hingga ada yang melakukan gerakan tersebut untuk dapat menipu lawan karena sulit ditebak. 

Fungsi Gerakan Pivot

Sedangkan gerakan pivot berfungsi melindungi bola agar tidak mudah diraih pemain lawan. Dengan gerakan pivot tersebut, bola diamankan dengan cara memegang bola basket dan memutar untuk menghindari lawan. Gerakan pivot menjadi penting karena adanya peraturan yang menyebutkan pemegang bola harus melakukan dribble. Selain itu, pemain juga tidak boleh melakukan gerakan tanpa melakukan dribble. 

Fungsi lain adalah, pivot bisa digunakan pemain melakukan trik sebelum menembak ke arah ring lawan sehingga membuat lawan nantinya tertipu. Karena gerakan ini membuat pihak lawan sulit menebak ke arah mana nanti pemain yang dihadangnya bergerak untuk melewatinya. (Antika Fahira)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1568 seconds [12]