logo
MotoGP | Detail

Franco Morbidelli Beber Penyebab Yamaha Kalah Telak dari Ducati

Rio Eristiawan
Kamis, 10 November 2022, 13:00 WIB
Franco Morbidelli Beber Penyebab Yamaha Kalah Telak dari Ducati
Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) tahu kelemahan Yamaha YZR M-1 dibandingkan Ducati Desmosedici (Foto: Yamaha MotoGP)

CHESTE - Franco Morbidelli tahu betul penyebab motor Yamaha YZR M-1 kalah dari Ducati Desmosedici GP. Menurut pembalap tim Monster Energy Yamaha itu, motornya kalah dalam hal daya cengkeram ban terhadap lintasan.

Sebelumnya, Fabio Quartararo mengaku kecewa dengan performa mesin baru Yamaha pada Tes MotoGP Valencia 2022, Selasa (8/11/2022), di Sirkuit Ricardo Tormo, Cheste. El Diablo mengklaim performa mesin berbeda dengan tes sebelumnya di Misano.

Sementara itu, Morbidelli memahami kekecewaan rekan setimnya. Dia pun mengakui motor Yamaha YZR M-1 kalah telak dibandingkan Ducati Desmosedici GP sepanjang MotoGP 2022.

Menurut Morbidelli, penggunaan perangkat penentu ketinggian motor saat balapan menjadi penyebab. Bantuan dari perangkat tersebut ikut berkontribusi dalam meningkatkan daya cengkeram ban ke lintasan.

Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) menguji beberapa suku cadang baru pada Tes MotoGP Valencia 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo (Foto: Yamaha MotoGP)
Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) menguji beberapa suku cadang baru pada Tes MotoGP Valencia 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo (Foto: Yamaha MotoGP)

"Mereka (sebetulnya) memakainya lebih sedikit daripada kami. Saya pikir mereka memiliki keunggulan daya cengkeram yang lebih baik sehingga membantu mereka mendapatkan hasil bagus," papar Morbidelli, dilansir dari Crash, Kamis (10/11/2022). 

Pembalap asal Italia itu mengaku senang dengan sasis baru YZR-M1 yang dicobanya pada Tes MotoGP Valencia 2022. Sebab, performanya sedikit meningkat. Namun, dia tak ingin berpuas diri dan meminta Yamaha terus mengembangkan motor jelang MotoGP 2023.

“Saya pikir saya meningkatkan perasaan terutama dengan sasis baru yang lebih mirip dengan Fabio (Quartararo). Saya suka jenis rangka itu jadi itu positif," urai Morbidelli.

“Saya melakukan peningkatan yang baik pada kecepatan, tetapi kami harus bekerja lebih banyak untuk memastikannya," tandas pria berusia 27 tahun itu.
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2222 seconds [13]