Balap Lainnya | Detail

Formula E Gunakan Sistem Kualifikasi Duel, Berikut Penjelasannya

Fitradian Dhimas Kurniawan
Kamis, 02 Juni 2022, 16:13 WIB
Formula E Gunakan Sistem Kualifikasi Duel, Berikut Penjelasannya
Formula E punya format tersendiri dalam menentukan posisi start (Foto: FIA)

JAKARTA - Gelaran Jakarta e-Prix 2022 sudah di depan mata. Masih ada beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat Indonesia, terutama bagaimana Formula E menerapkan sistem kualifikasi.

Sebagaimana diketahui, balapan Formula E Jakarta 2022 tinggal menghitung hari. Balapan tersebut akan dilangsungkan di Sirkuit Internasional Ancol (Jakarta e-Prix Circuit), Sabtu (4/6/2022) pagi hingga sore WIB. 

Sebelum balapan dimulai, tentunya kualifikasi akan berlangsung. Namun, tidak seperti balap pada umumnya, sesi latihan bebas, kualifikasi, dan balapan berlangsung pada hari yang sama.

Untuk musim ini, Formula E memperkenalkan format duel pada kualifikasi. Namun, sebelum berduel, seluruh pembalap akan mencatatkan waktu terbaiknya di atas lintasan.

Pada sesi kualifikasi, akan terdapat dua grup berbeda, yang masing-masing berisikan 11 pembalap. Sebelas pembalap itu dibagi ke dalam dua grup berdasarkan posisi mereka di klasemen, yakni ke nomor genap dan ganjil.

Setiap grup akan diberi waktu 10 menit untuk mencatatkan waktu terbaiknya. Pada fase grup, kekuatan setiap mobil dibatasi hingga 220 kW.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1361 seconds [13]