logo
Ragam Lainnya | Detail

Formasi Pemain Baseball dan Tugasnya yang Perlu Diketahui

Intan Rachmasari
Selasa, 02 Agustus 2022, 01:10 WIB
Formasi Pemain Baseball dan Tugasnya yang Perlu Diketahui
Ilustrasi baseball (FOTO: World Baseball Softball Confederation).

JAKARTA - Formasi pemain baseball dan tugasnya menjadi informasi yang perlu diketahui untuk menambah wawasan. Pasalnya baseball adalah jenis olahraga bola kecil yang cukup populer di Indonesia. 

Baseball merupakan permainan bola kecil dengan menggunakan tongkat sebagai alat pemukulnya dan dilakukan beregu dengan jumlah 9 orang pemain dalam setiap regunya. Uniknya 9 orang pemain dalam tiap tim memiliki tugas yang berbeda. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id telah merangkum formasi pemain baseball dan tugasnya yang perlu diketahui. Penasaran? Berikut informasinya;

Pelempar baseball (Foto: REUTERS)

Formasi Pemain Baseball dan Tugasnya yang Perlu Diketahui

  1. Pitcher 

Dalam bisbol, pitcher adalah pemain yang melempar bisbol dari gundukan pelempar ke arah penangkap untuk memulai setiap permainan, dengan tujuan untuk menghentikan pemukul yang mencoba melakukan kontak dengan bola yang dilempar. 

Pitcher mempunyai tugas melempar bola ke arah pemukul yang diarahkan oleh seorang catcher dan juga menjaga pertahanan base pertama dan bantu pemain di belakang home plate.

  1. Catcher 

Catcher adalah pemain yang bertugas sebagai penangkap bola dari pitcher dari belakang home base. Tugas lain seorang catcher  adalah menjadi home plate agar tidak dikuasai oleh runner dan base runner. 

Selain menangkap, catcher  harus bisa melempar bola di base satu, dua dan tiga untuk membunuh lawan dan mencetak poin. Posisi catcher sangat dibutuhkan di area defensif, sehingga pemain dengan skill defensif terbaik bertugas mengisi posisi ini.

  1. First Baseman 

First baseman adalah pemain yang biasa disimbolkan dengan simbol 1B. Tugas pemain first baseman yaitu menggagalkan pelari atau runner base yang hendak menyentuh base pertama. 

Posisi bertahan tersebut berada di antara Home Plate dan Base pertama, serta di antara Base Pertama dan Base Kedua. Pemain yang dipilih untuk  posisi ini biasanya bertubuh tinggi, lincah, dan reflektif. First Baseman bertanggung jawab atas sebagian besar permainan. 

  1. Second Baseman

Second Baseman memiliki tugas yang hampir sama dengan first baseman. Posisi second baseman berada di antara home base pertama dan home base kedua, tapi posisinya lebih dekat home base kedua. 

Second baseman bertugas untuk melempar bola yang diarahkan ke base kedua dan diteruskan ke base ketiga. Selain itu juga second baseman bertugas untuk membantu first baseman untuk menjaga home base 1 ketika lepas pengawasan. 

  1. Third Baseman

Third Baseman adalah pemain yang posisinya menjaga base ketiga yang letaknya dekat dengan home base. Selain itu, pemain di posisi ini memiliki tugas melempar bola ke base pertama untuk mencegah lawan mencetak poin. Third Baseman juga membantu tugas catcher ketika bola  jatuh dengan pukulan bunt.

  1. Batter

Batter adalah pemain yang bertugas untuk memukul bola yang dilemparkan oleh seorang pitcher. Setelah memukul bola, tugas batter selanjutnya adalah berlari ke base pertama dan menyentuh semua base, jika berhasil, tim akan mencetak poin.

Demikian informasi mengenai formasi pemain baseball dan tugasnya yang perlu diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1595 seconds [13]