Bola Lainnya | Detail

FIFA Larang 45 Pesepak Bola Laos Bermain Seumur Hidup karena Pengaturan Skor

Basudiwa Supraja
Senin, 10 Januari 2022, 08:45 WIB
FIFA Larang 45 Pesepak Bola Laos Bermain Seumur Hidup karena Pengaturan Skor
Logo FIFA yang terletak di markas besar mereka di Zurich, Swiss (Foto: Reuters/Arnd Wiegmann)

SEBANYAK 45 pesepak bola Laos dihukum dengan larangan bermain seumur hidup oleh FIFA karena tersandung kasus pengaturan skor atau match fixing. Jumlah ini tentunya sangat banyak dan mengejutkan.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Federasi Sepak Bola Laos (LFF), Kanya Keomany, telah mengungkap kebenaran kasus pengaturan skor tersebut. Pernyataannya itu dikabarkan pada Jumat (7/1/2022) di Stadion Nasional Laos Vientiane City.

Kendati demikian, 45 pemain tersebut tidak dia ungkapkan identitasnya. Kasus pengaturan skor yang dilakukan para pemain itu ternyata telah dilakukan selama bertahun-tahun lalu.

“Saat ini ada pesepak bola pria sebanyak 45 orang telah dilarang bermain sepak bola seumur hidup oleh FIFA, yang diselidiki karena terlibat dalam penipuan pengaturan pertandingan, yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun dan banyak turnamen di tingkat nasional,” ungkap Keomany seperti dikutip dari Ballthai, Senin (10/1/2022).

Laos saat ini berada di peringkat ke-187 berdasarkan ranking FIFA. Mereka satu peringkat di atas negara Asia Tenggara lainnya, Brunei Darussalam.

Di Asia Tenggara, Laos menempati posisi kesembilan peringkat FIFA. Tepat di atasnya ada Kamboja dan kemudian Indonesia.

Pada Piala AFF 2020, Timnas Laos harus mengakhiri turnamen sebagai juru kunci Grup B. Mereka bahkan tak menorehkan satu pun poin lantaran selalu mendera kekalahan di fase grup.

Kasus pengaturan skor sejatinya mencederai fair play dan merusak pertandingan. Hal itu juga menjadi penyakit bagi mayoritas negara di Asia Tenggara.

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1571 seconds [12]