Bola Lainnya | Detail

FIFA Gunakan Teknologi Offside Otomatis di Piala Dunia 2022 Qatar

Rifqi Herjoko
Kamis, 14 Oktober 2021, 07:02 WIB
FIFA Gunakan Teknologi Offside Otomatis di Piala Dunia 2022 Qatar
Ilustrasi offside (Foto: FootballWhispers)

ZURICH – Asosiasi Sepak Bola Dunia FIFA berencana melangkah lebih jauh dalam merevolusi sepak bola. Usai menerapkan teknologi VAR dan garis gawang, kini mereka tengah mengembangkan teknologi offside secara otomatis.

Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA, Arsene Wenger, ingin keputusan offside menjadi sepenuhnya otomatis. Hal itu akan menghapus kewenangan keputusan dari asisten wasit. Dengan demikian, sepak bola modern diklaim lebih adil.

"Ada banyak kemungkinan. Saya harus merahasiakannya, tetapi akan ada revolusi besar dalam perwasitan,“ kata Wenger pada konferensi pers di Paris dilansir dari Marca Rabu (13/10/2021).

"Semuanya sedang dipelajari. [Teknologi] bahkan dapat menentukan apakah keputusan lima atau enam sentimeter itu offside atau tidak," sambungnya.

Sebagai informasi, aturan mengenai offside saat ini terus menimbulkan kontroversi dalam sepak bola. Insiden terbaru terjadi di final Nations League. Saat itu, Kylian Mbappe mencetak gol kemenangan Prancis melawan Spanyol. Bahkan VAR tidak dapat membantu menyelesaikan masalah ini.

FIFA memiliki solusi untuk masalah tersebut. Mereka bakal memiliki alat yang efektif pada tahun 2022 yang memungkinkan keputusan offside dibuat sepenuhnya secara otomatis.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2086 seconds [12]