logo
Basket | Detail

FIBA Asia Cup 2022: Andakara Prastawa Ungkap Penyebab Timnas Basket Indonesia Disikat Australia

Rio Eristiawan
Sabtu, 16 Juli 2022, 22:03 WIB
FIBA Asia Cup 2022: Andakara Prastawa Ungkap Penyebab Timnas Basket Indonesia Disikat Australia
Andakara Prastawa gagal membawa Timnas Basket Indonesia menang atas Timnas Basket Australia (Foto: Instagram/@andakaraprastawa)

JAKARTA - Timnas Basket Indonesia harus menelan kekalahan 53-78 dari Timnas Basket Australia pada laga terakhir FIBA Asia Cup 2022, Sabtu (16/7/2022) malam WIB. Andakara Prastawa mengatakan lawan berhasil menyesuaikan permainan dengan Indonesia untuk mendapatkan kemenangan.

Seperti diketahui, Timnas Basket Indonesia butuh kemenangan untuk memuluskan langkah menuju perempat final FIBA Asia Cup 2022. Sayangnya, anak asuh Milos Pejic takluk dari Australia dengan skor 53-78 di Istora Senayan, Jakarta. 

Dengan hasil tersebut, Indonesia Patriots berada di posisi ketiga Grup A FIBA Asia Cup 2022. Sementara itu, Australia berada di puncak klasemen dengan sapu bersih kemenangan pada tiga laga yang telah dilakoni.

Indonesia sempat memimpin 16-11 atas Australia di kuarter pertama. Namun, keunggulan itu gagal dipertahankan pada tiga kuarter berikutnya. Prastawa lantas angkat bicara mengenai hasil pertandingan.

Timnas Basket Indonesia takluk dari Timnas Basket Australia pada FIBA Asia Cup 2022 (Foto: Instagram/@official_timnasbasket)
Timnas Basket Indonesia takluk dari Timnas Basket Australia pada FIBA Asia Cup 2022 (Foto: Instagram/@official_timnasbasket)

"Mungkin Australia juga melakukan penyesuaian, mereka banyak switch, mainnya lebih physical lagi. Terus kita juga enggak bisa dapat peluang untuk cetak poin," kata Prastawa kepada awak media, Sabtu (16/7/2022).

Lebih lanjut, pemain berusia 29 tahun itu menyebut Indonesia sulit untuk mendapatkan peluang dari Australia. Namun, ketika mendapat peluang, Indonesia justru gagal memanfaatkan untuk menjadi poin.

"Terus peluang yang kita dapetin enggak bisa ubah jadi poin. Jadi itu mungkin perbedaannya," jelas Prastawa.

Hasil tersebut memaksa Indonesia harus melalui playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022. Indonesia akan menghadapi runner-up Grup B yang kemungkinan dihuni oleh Timnas Basket China atau Timnas Basket Taiwan.

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1547 seconds [13]