F1 | Detail

Ferrari Protes Hasil F1 GP Monaco 2022, Anggap Verstappen Lakukan Pelanggaran

Fitradian Dhimas Kurniawan
Senin, 30 Mei 2022, 01:45 WIB
Ferrari Protes Hasil F1 GP Monaco 2022, Anggap Verstappen Lakukan Pelanggaran
Prinsipal Scuderia Ferrari Mattia Binotto (Foto: Scuderia Ferrari)

MONACO - Pihak Ferrari melakukan protes atas hasil F1 GP Monaco 2022 yang dimenangkan oleh pembalap Red Bull Racing, Sergio Perez. Dengan demikian, maka hasil F1 GP Monaco 2022 masih berubah, dengan protes yang diajukan oleh Scuderia Ferrari.

Pada balapan di Sirkuit Jalan Raya Monte Carlo, Minggu (29/5/2022), Red Bull mampu mencuri podium ganda. Selain Perez yang menang, Max Verstappen juga menempati posisi ketiga.

Keberhasilan Red Bull sendiri tak lepas dari keunggulan mereka di pit-stop. Mereka mampu membawa Perez keluar di depan duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr.

Namun, rupanya Ferrari ternyata tak terima dengan kemenangan Red Bull. Ferrari merasa pembalap Red Bull, Verstappan telah lakukan pelanggaran berupa melintasi garis kuning yang merupakan batas pit saat kembali dari lintasan.

Kejadian tersebut terjadi pada putaran ke-22, saat duo Red Bull pit-stop. Ketika Verstappen meninggalkan pit, dia diduga melewati garis lurus, dan memasuki lintasan dengan tak seharusnya.

Ketika itu, pihak F1 dan FIA memang tak terlalu mempermasalahkannya. Maklum, ketika itu kondisi lintasan masih sedikit lembab. Namun, dari kamera terlihat jika ban kiri Verstappen menginjak garis lurus saat meninggalkan pit.

Prinsipal Ferrari, Mattia Binotto sendiri menilai pelanggaran yang dilakukan Verstappen sangat jelas. Dia pun yakin jika Verstappen seharusnya mendapat hukuman

“Sebagai Ferrari, kami kecewa. Karena kami yakin terdapat pelanggaran regulasi dengan Red Bull melintasi garis kuning saat meninggalkan pit. Saya pikir mereka berada tepat di garis kuning,” kata Binotto dikutip The Race.

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1406 seconds [12]