F1 | Detail

Ferrari Konfirmasi Sainz Jr Start Paling Belakang di F1 GP Turki 2021

Wikanto Arungbudoyo
Kamis, 07 Oktober 2021, 10:52 WIB
Ferrari Konfirmasi Sainz Jr Start Paling Belakang di F1 GP Turki 2021
Carlos Sainz Jr melibas lintasan basah di Sirkuit Autodrom Sochi (Foto: Scuderia Ferrari)

MARANELLO Scuderia Ferrari mengonfirmasi Carlos Sainz Jr akan start balapan F1 GP Turki 2021 dari posisi paling belakang. Hal itu terjadi setelah The Prancing Horse memutuskan memasang satu unit mesin baru di mobil bernomor balap 55 tersebut. 

Langkah Ferrari memasang mesin baru di mobil Sainz Jr itu sebetulnya sudah diprediksi sejak pekan lalu. Pengumuman resmi soal penggantian mesin itu baru keluar jelang pekan balapan di Sirkuit Intercity Istanbul, Tuzla. 

“Seperti halnya Charles Leclerc di Rusia, di Turki giliran Carlos Sainz yang akan memakai mesin baru dengan sistem hybrid,” bunyi pengumuman resmi Ferrari, dikutip dari Crash, Kamis (7/10/2021). 

“Oleh karena itu, dia akan start dari posisi paling belakang, dengan harapan bisa melewati satu per satu lawan dan mencetak angka,” imbuh tim asal Maranello, Italia, itu. 

Pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz Jr, membidik podium pada balapan F1 GP Rusia 2021 (Foto: Reuters/Yuri Kotchekov)
Pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz Jr, berhasil naik podium pada balapan F1 GP Rusia 2021 (Foto: Reuters/Yuri Kotchekov)

Hukuman penalti mundur posisi itu diterima dengan ikhlas lantaran Sainz Jr telah melewati batas alokasi mesin yang diizinkan sepanjang F1 2021. Setiap pembalap hanya diperbolehkan menggunakan tiga unit mesin sepanjang musim ini. 

Bila melebih jatah yang sudah ditentukan, hukuman penalti mundur posisi menjadi konsekuensinya. Hal serupa berlaku untuk penggantian komponen mesin seperti MGU-K, MGU-H, ICE, dan lainnya. Penggantian satu komponen bisa berbuah penalti mundur lima posisi start. 

Ferrari sepertinya yakin betul dengan keandalan mesin baru tersebut. Mereka berkaca akan keberhasilan Leclerc melewati satu per satu lawan hingga sempat menduduki posisi empat di F1 GP Rusia 2021, dua pekan silam. 

Sayangnya, pembalap asal Monaco itu tergelincir keluar lintasan pada beberapa putaran terakhir di Sirkuit Autodrom Sochi. Akibatnya, Leclerc gagal mendulang satu poin pun. Kesalahan itu tentu diharapkan tidak terulang pada Sainz Jr di Turki. 

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2180 seconds [12]