Sportainment | Detail

Fenomenal di Usia Muda, Erling Haaland Dibuatkan Patung di Kampung Halaman

Ilham Sigit Pratama
Jum'at, 06 Mei 2022, 02:01 WIB
Fenomenal di Usia Muda, Erling Haaland Dibuatkan Patung di Kampung Halaman
Haaland Hattrick

IGARD - Bintang Borussia Dortmund Erling Haaland diberi penghormatan berupa pembuatan patung di kampung halamannya. Patung tersebut memiliki berat 700 kg dan tinggi lebih dari tiga meter.

Fenomena Haaland benar-benar mencuri perhatian kancah sepak bola dunia. Bagaimana tidak? Di usianya yang masih 21 tahun, Haaland sudah dibuatkan patung besar sebagai tanda penghormatan.

Bukan tanpa sebab statistik Haaland selama berseragam Dortmund memang amat fantastis. Di usia belia, pemain asal Norwegia itu sudah mencetak 85 gol dari 87 laga.

Peson Haaland itu mengundang ketertarikan dari banyak klub raksasa Eropa. Manchester City dan Real Madrid pun menjadi yang terdepan untuk mengamankan jasanya.

Atas pencapaiannya itu, Haaland dibuatkan patung di kampung halamannya, Distrik Jaeren, Norwegia Selatan. Patung itu memiliki berat 700 kilogram dan tinggi lebih dari tiga meter.

Sang arsitek dan pemahat patung Kjetil Barane, pun mengaku bangga bisa mengerjakan patung Haaland. Seniman asal Norwegia itu merasa terhormat dan menyebut bahwa patung Haaland tersebut merupakan mahakaryanya yang luar biasa.

“Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjadikannya (Haaland) sebagai patung, itu sangat sulit tapi sangat menyenangkan bekerja dengan kayu,” kata Barane dikutip Sportbible, Kamis (5/5/2022).

“Anda bisa melihatya meledak dan hidup, patung itu memiliki karakternya sendiri,” pungkasnya.

Pembangunan patung tersebut disponsori oleh pengusaha lokal bernama Tore Sivertsen. Patung itu pun terpampang jelas di Igard, dekat kampung halaman Haaland.

Haaland bukan pemain pertama yang dibuatkan patung. Sebelumnya, Mohamed Salah, Luis Suarez, Michael Essien hingga Zlatan Ibrahimovic juga sudah dibuatkan patung di kampung halaman mereka masing-masing.

Selain itu, patung megabintang,  Cristiano Ronaldo juga diresmikan di dekat Bandara Internasional Madeira pada tahun 2017. Namun, patung pemain Manchester United itu malah dijadikan bahan lelucon karena desainnya yang dinilai aneh.


 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1373 seconds [13]