logo
Ragam Lainnya | Detail

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Lari, Tidak Cuma Soal Fisik

Tim Sportstars
Senin, 12 Desember 2022, 16:16 WIB
Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Lari, Tidak Cuma Soal Fisik
Lari jarak jauh: pengertian, teknik dasar hingga manfaat penting diketahui. (Foto: World‘s Marathon)

JAKARTA - Ada beberapa faktor yang mempengaruhi  kecepatan lari. Secara definisi, lari adalah gerakan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkahkan kaki secara bergantian.

Sama sama gerakan mempindahkan tubuh, dari dan jalan apabila dicermati, ada perbedaan yang mendasar. Pada gerakan jalan, langkah-langkah kaki yang kita gerakan selalu ada salah satu kaki yang berhubungan atau kontak dengan tanah. 

Sedangkan pada gerakan lari, langkah-langkah kaki yang kita gerakan ada saat kedua kaki tidak berhubungan dengan tanah.  Artinya pada lari pada saat tertentu kedua kaki melayang di udara.

Pengertian lari 

Mengutip dari modul Berlari Berprestasi, lari adalah bagian dari atletik. Lari berdasarkan nomor terbagi menjadi tiga jenis, yaitu lari jarak pendek, lari jarak menengah, dan lari jarak jauh. Secara teknis tidak ada perbedaan antara lari jarak menengah dan lari jarak jauh.

Namun sangat berbeda dengan lari jarak pendek. Antara lari dan jalan memiliki perbedaan yang signifikan. Secara awam gerakan jalan dengan lari tidak ada perbedaan yang berarti.  Lomba lari mencakup berbagai jarak, jarak pendek, jarak menengah dan jarak jauh.

Antusias Pelari ikuti Marathon Yerusalem saat digelar sejak pandemi penyakit coronavirus (COVID-19)

Lari jarak pendek 400 meter atau kurang, lari jarak menengah lebih dari 400 meter hingga 3000 meter, dan lari jarak jauh 5000 meter atau lebih, termasuk lari maraton jarak 42.195 kilometer. Setiap jarak mempunyai strateginya masing-masing untuk sampai duluan ke garis finish. Tentu, yang cepat larinya dia akan menjadi juaranya. Lantas, apa faktor yang mempengaruhi kecepatan lari?

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Lari

Dilansir dari berbagai sumber, berikut faktor yang mempengaruhi kecepatan lari:

  • Fleksibilitas.
  • Kekuatan Otot.
  • Power Otot.
 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1898 seconds [12]