logo
Ragam Lainnya | Detail

Faktor Utama dalam Lari Jarak Menengah dan Tekniknya

Tim Sportstars
Senin, 19 Desember 2022, 15:55 WIB
 Faktor Utama dalam Lari Jarak Menengah dan Tekniknya
Usain Bolt saat masih menjadi raja di nomor lari jarak dekat atau sering disebut lari cepat. (Foto: athleticsweekly)

JAKARTA - Ada beberapa faktor utama dalam lari jarak menengah yang berpengaruh pada pencapaian hasil akhir perlombaan. Lari jarak menengah atau biasa dikenal dengan middle distance running adalah salah satu nomor lari yang diperlombakan pada olahraga atletik. 

Mengutip dari buku dasar-dasar atletik karya Yahya Eko Novianto, lari jarak menengah adalah lari yang dilakukan dengan jarak 800 meter dan 1500 meter. Pada lari jarak menengah, atlet tak hanya berlari dengan cepat, tetapi juga harus mampu mengatur penggunaan tenaga, napas dan mempertahankan kecepatan. 

Terdapat perbedaan antara lari jarak pendek dan lari jarak menengah yakni terletak pada start yang digunakan. Jika lari jarak pendek menggunakan start jongkok, maka lari jarak menengah menggunakan start melayang.

Faktor Utama dalam Lari Jarak Menengah: 

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (16/12/2022) berikut beberapa diantaranya faktor utama dalam lari jarak menengah. 

  1. Kecepatan berlari

Karena jarak yang ditempuh lumayan jauh, pelari harus pandai mengatur kecepatan dalam berlari. Pengaturan kecepatan lari merupakan faktor penting yang harus diperhatikan agar tubuh tidak cepat lelah saat berlari.

  1. Pernapasan

Mengatur nafas saat berlari sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah lelah. Agar bisa mengatur nafas secara baik hindarilah gerakan lari yang terlalu cepat pada awalan start.

  1. Daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh atau endurance juga merupakan faktor penting saat melakukan aktivitas lari jarak menengah. Agar bisa mencapai jarak yang sudah ditentukan dan daya tahan tubuh seorang pelari harus baik. 

Sprinter Lalu Muhammad Zohri Sabet Emas di Nomor Lari 200 meter

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1919 seconds [13]