Balap Lainnya | Detail

Faktor Bahasa, Jonathan Rea Diunggulkan Menang di WSBK Indonesia 2021

Fitradian Dhimas Kurniawan
Kamis, 18 November 2021, 21:45 WIB
Faktor Bahasa, Jonathan Rea Diunggulkan Menang di WSBK Indonesia 2021
Jonathan Rea (Foto: Twitter/@RaceKawasaki)

MANDALIKA - Pembalap tim Kawasaki Racing Jonathan Rea, berpeluang menang di seri World Superbike (WSBK) Indonesia 2021. Menariknya, terdapat statistik yang dapat menguntungkan Rea memastikan gelar juara dunia WSBK di Sirkuit Mandalika.

Pada akhir pekan ini, rangkaian WSBK Indonesia 2021 akan resmi digulirkan. Seri ini akan menjadi penentuan gelar juara dunia antara Rea melawan rider Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu. Berbicara mengenai WSBK Indonesia, maka kenangan ketika ajang ini mampir di Sirkuit Sentul pun tak bisa dilupakan. 

WSBK Indonesia memang sempat digelar di Sirkuit Sentul pada periode 1994 hingga 1997. Menariknya, dari delapan balapan yang digelar dalam rentang empat tahun, ada satu statistik menarik. Yaitu, hanya pembalap yang memiliki Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu yang pernah menang di WSBK Indonesia.

Mereka adalah Carl Fogarty dan Jamie Whitham asal Inggris, Aaron Slight yang lahir di Selandia Baru dan John Kocinski yang merupakan pembalap kelahiran Amerika Serikat (AS). Whitham dan Fogarty memenangkan dua balapan WSBK Indonesia 1994. 

Fogarty lalu merebut balapan pertama di 1995, sebelum dikalahkan Slight di race 2. Kocinski kemudian menyapu bersih empat kemenangan pada 1996 dan 1997. 

Hasil ini tentu menggembirakan bagi Rea yang kelahiran Inggris. Terlebih dia membutuhkan poin maksimal demi menjaga peluangnya untuk menjadi juara dunia untuk ketujuh kalinya.

Hanya saja, ada beberapa pembalap dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa asal. Dari Inggris sendiri ada Alex Lowes, Chaz Davies, Leon Haslam, Scott Redding dan Tom Sykes. Sementara satu-satunya rider asal AS adalah Garrett Gerloff.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1208 seconds [13]