logo
Tim Nasional | Detail

Fakta Unik! Dalam 10 Tahun Terakhir Hanya Pelatih Lokal yang Sukses Beri Gelar untuk Timnas Indonesia

Andhika Khoirul Huda
Sabtu, 13 Agustus 2022, 09:40 WIB
Fakta Unik! Dalam 10 Tahun Terakhir Hanya Pelatih Lokal yang Sukses Beri Gelar untuk Timnas Indonesia
Timnas Indonesia U-16 merayakan gelar juara Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta (Foto: Twitter/@PSSI)

SLEMAN – Fakta unik ditemukan setelah Timnas Indonesia U-16 berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2022. Bagaimana tidak selama 10 tahun ke belakang, ternyata hanya pelatih lokal yang bisa memberikan gelar untuk Timnas Indonesia.

Pasukan Garuda Muda menyabet gelar juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor tipis 1-0 di partai final yang berlansung pada Jumat (12/8/2022) malam WIB di Stadion Maguwoharjo.

Gol sematawayang Muhammad Kafiatur Rizky di penghujung babak pertama adalah penentunya. Prestasi tersebut jelas melambungkan nama Pelatih Indonesia U-16, Bima Sakti. Terlebih lagi, ini adalah trofi pertama dalam karier kepelatihannya.

Namun ternyata, dalam satu dekade terakhir memang hanya pelatih dalam negeri yang mampu mempersembahkan gelar bagi Indonesia di berbagai kelompok umur. Sebelum Bima Sakti, ada dua pelatih lainnya yang mengharumkan nama bangsa lewat gelar juara untuk Timnas Indonesia.

Yang pertama, adalah Indra Sjafri. Tak tanggung-tanggung, pria yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu, dua kali membawa Tim Merah-Putih menjadi yang terbaik.

Gelar juara pertamanya adalah Piala AFF U19 2013. Kala itu, Indra membantu Evan Dimas dan kolega meraih takhta tertinggi dengan menaklukkan Vietnam U-19 lewat adu penalti dengan skor 7-6 usai bermain imbang tanpa gol selama 90 menit di Stadion Delta, Sidoarjo.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1650 seconds [12]