Bola Lainnya | Detail

Fakta Shin Tae-yong Muda, 12 Tahun Setia Membela Satu Tim

Saliki Dwi Saputra
Kamis, 20 Januari 2022, 14:05 WIB
Fakta Shin Tae-yong Muda, 12 Tahun Setia Membela Satu Tim
Shin Tae-yong setia 12 tahun membela Seongnam Ilhwa Chunma (Foto: Istimewa)

SOSOK Shin Tae-yong tidak hanya dikenal sebagai pelatih sepak bola kenamaan. Dirinya juga memiliki pengalaman sebagai seorang pesepak bola legendaris di Korea Selatan.

Faktanya, Shin Tae-yong muda tercatat sebagai pemain setia lantaran hanya membela satu tim dalam karier profesionalnya. Dia diketahui bergabung dengan Seongnam Ilhwa Chunma selama 12 tahun. Sebelum merapat dengan Seongnam, Shin Tae-yong membela tim sepak bola di kampusnya, Yeungnam University.

Shin Tae-yong kemudian memulai debut profesional pada tahun 1992. Saat itu dia mencetak sembilan gol dari 23 penampilan sehingga mampu meraih gelar Pemain Muda Terbaik Liga Korea Selatan musim 1992.

Shin Tae-yong saat bermain untuk Seongnam Ilhwa Chunma (Foto: Twitter)
Shin Tae-yong saat bermain untuk Seongnam Ilhwa Chunma (Foto: Twitter)

Sejumlah gelar domestik pernah dia raih di usia muda, yakni enam gelar Liga Korea Selatan, satu piala FA Korea Selatan, tiga Piala Liga, dan satu Piala Super. Selain itu turut berkontribusi pada gelar Liga Champions Asia pada 1995 dan Piala Super Asia pada tahun 1996.

Medio 1995-1996 menjadi puncak kejayaan Shin Tae-yong. Dia tercatat mengoleksi gelar pemain terbaik di Liga Korea Selatan pada tahun 1995. Semusim setelahnya pemain kelahiran 11 Oktober 1970 itu meraih gelar  top skor di Liga Korea Selatan dengan 21 gol.

Tercatat selama 12 tahun membela Seongnam Ilhwa Chunma, Shin Tae-yong telah tampil sebanyak 296 kali dengan koleksi 76 gol. Sayang dipenghujung kariernya pada tahun 2004, dia gagal mendapat perpanjangan kontrak hingga memutuskan pindah ke Australia.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1289 seconds [12]